Kopi luwak Indonesia

Kopi luwak adalah minuman yang berasal dari biji kopi yang dipanen dari feses luwak liar yang dibersihkan. Minuman ini memiliki rasa yang lebih smooth dari kopi pada umumnya, diduga hal ini disebabkan oleh proses fermentasi dalam perut luwak. Kopi luwak Indonesia adalah salah satu minuman mewah yang diekspor dengan harga yang sangat tinggi. Ini karena rasanya yang eksotis dan ketersediaannya yang langka, selain itu kopi luwak ini juga ramah di lambung.

Kopi luwak Indonesia sudah ada dari zaman penjajahan Belanda. Ketika masyarakat diminta untuk tanam paksa kopi, mereka menemukan biji kopi utuh dari kotoran musang. Kemudian mereka mengolah biji dari kotoran tersebut, memanggang, lalu menyeduhnya. Ketika pemerintah Belanda mengetahui kenikmatan kopi luwak ini, mereka kemudian mengolah dan menjualnya dengan harga yang sangat mahal. 

Harga yang sangat mahal itu tentunya dilatarbelakangi oleh 3 faktor, yaitu:

  1. Proses produksi yang panjang
  2. Jumlah panen yang tak sebanyak kopi biasa
  3. Rasanya yang halus dan tidak pekat
Mengenal Kopi Luwak Asli Indonesia yang Harganya Fantastis
source: https://www.google.co.id/amp/s/www.livetradingnews.com/amp/kopi-luwak-worlds-expensive-coffee-25354.html

Tidak main-main, untuk proses produksinya sendiri biji kopi yang keluar dari kotoran luwak tersebut mengalami pencucian sebanyak 5-7 kali. Setelah bersih, proses berikutnya adalah roasting atau pemanggangan. Proses pemanggangan hanya hingga tingkat medium roast. Alasannya adalah untuk mempertahankan karakter rasa yang unik.

Biji yang sudah dipanggang selanjutnya dikemas dalam bentuk utuh (wehole beans) maupun bubuk untuk dijual. Harga kopi luwak Indonesia di pasaran mencapai lebih dari Rp1.000.000 per kg. Secangkir kopi luwak di jakarta misalnya, harganya sekitar Rp70.000 per cangkir. 

Kopi luwak Cikole
Bagi Moms yang ingin menikmati sensasi kopi luwak panas dengan berbalutkan suasana alam yang sejuk, Moms bisa datang ke Kedai Kopi Luwak Cikole, di Jalan Nyalindung, Nomor 9, Kampung Babakan, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Selain bisa menikmati kopi luwak, di tempat ini ada pusat penangkaran hewan luwak, serta rumah produksi kopi luwak dimana pengunjung akan diberikan edukasi tentang proses pembuatan kopi luwak. 

Mengenal Kopi Luwak Asli Indonesia yang Harganya Fantastis
source: https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-2965264/kopi-luwak-made-in-lembang-ini-dihargai-rp-3-jutakg

Sebelum menikmati sensasi kopi luwak, pengunjung diperbolehkan melihat proses pembuatan kopi luwak yang ada di sana. Selain itu, pengunjung di sana juga dimanjakan dengan WiFi gratis. Wah paket lengkap ya, Moms! Untuk harga, kedai kopi luwak Cikole termasuk terjangkau, untuk segelas kopi luwak original Moms cukup merogoh kocek Rp50.000 & untuk kopi luwak cokelat Rp60.000 per gelasnya.

 

baca juga

Kopi luwak Bali
Jika Moms sedang berkunjung ke Bali, silahkan mampir ke Bali Pulina. Di sana disebut-sebut terdapat argowisata kopi luwak dengan rasa terenak di dunia. Bali Pulina terletak di Jalan Banjar Pujung Kelod, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Gianyar. Letaknya sekitar delapan kilometer ke arah utara Ubud. 

Selain rasa kopi luwaknya yang terkenal enak, Bali Pulina juga jadi favorit karena punya pemandangan langsung ke undakan sawah Tegalalang. Ketika masuk gerbang utama, Moms akan dihadapkan pada undakan tangga dengan pohon kakao dan rempah di sekitarnya, yaitu kunyit, jintan, ketumbar, kayu manis, ginseng, sereh, dan beragam rempah lainnya khas Indonesia. Ke dalam lagi terdapat kandang luwak dan Moms juga bisa melihat proses pembuatan kopi luwak secara tradisional di sana. 

Mengenal Kopi Luwak Asli Indonesia yang Harganya Fantastis
source: https://www.tripadvisor.com.ve/LocationPhotoDirectLink-g297695-d3435076-i124362572-Bali_Pulina_Agro_Tourism-Gianyar_Gianyar_Regency_Bali.html

Menyeruput kopi dengan pemandangan sawah yang asri Tegalalang sungguh pengalaman luar biasa. Bali Pulina juga punya teras berbentuk daun kopi yang instagramable dan cocok untuk berfoto ria. Untuk secangkir kopi luwak di sini bisa Moms dapatkan dengan harga Rp50.000, sedangkan untuk oleh-oleh kopi luwak di Bali Pulina dijual dengan Rp400.000 per 100gr nya.

 

Kopi luwak Mataram
Selain Bandung dan Bali, Jogjakarta juga punya kopi liwak yang rasanya khas dan sangat nikmat, yaitu kopi luwak Mataram. Kopi luwak Mataram ini berlokasi di Jalan Pelemwulung, Banguntapan, Bantul, Jogjakarta.

Di sini Moms juga mendapatkan wisata edukasi dari pegawainya yang menceritakan proses pengolahan kopi luwak di kedai ini, proses pengolahan biji kopi luwak didapatkan langsung dari petani luwak yang membiarkan luwaknya bebas memakan dan memilih kopi yang menurutnya terbaik.

Untuk harga kopi luwak Mataram ini, Moms bisa memperoleh dengan harga Rp200.000 per 50 gram nya.

Mengenal Kopi Luwak Asli Indonesia yang Harganya Fantastis
source: https://www.tripadvisor.com/Restaurant_Review-g294230-d12567563-Reviews-Kopi_Luwak_Mataram-Yogyakarta_Region_Java.html

Bagaimana Moms? Tertarik untuk mencoba kopi luwak yang harganya fantastis ini?