Kandungan Gizi Ikan Gabus

Ikan terkenal dengan kandungan protein yang tinggi. Tapi ternyata, ikan gabus ternyata memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan ikan jenis lain, lho Moms. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%).

Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein. Selain kandungan protein yang tinggi, ikan gabus ini juga mengandung omega 3, vitamin D. 

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Kadar Albumin Pada Ikan Gabus

Albumin memegang peranan penting sebagai bagian dalam protein plasma darah yang berfungsi sebagai agen pengangkut nutrisi. Ikan gabus memiliki kandungan kadar albumin paling tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya yaitu sekitar 33,07 persen, lho Moms.

Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Pemberian daging ikan gabus atau ekstrak proteinnya telah dicoba untuk meningkatkan kadar albumin dalam darah dan membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes mellitus hingga pengobatan pasca operasi.

Kekurangan albumin dalam tubuh manusia juga tidak bagus Moms, hal ini dapat menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Bagi anak, kekurangan albumin akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, perkembangan otak yang tidak maksimal, penurunan kekebalan tubuh hingga menyebabkan anak mudah sakit.

Kadar Albumin Pada Ikan Gabus
baca juga

Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, membuktikan, bahwa ekstrak Ikan Gabus dapat menjadi obat penyakit Diabetes. Penelitian pun dilangsungkan dengan mengekstrak ikan gabus yang selanjutnya akan diuji pada hewan uji. Hasilnya, diketahui ekstrak ikan gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak. Kerusakan jaringan pankreas, kata dia dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik (kadar gula berlebih dalam darah).

Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam ikan gabus, Moms. Walaupun penelitian ini baru dilakukan pada hewan, penelitian ini dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ikan gabus terhadap penyakit diabetes.

Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Manfaat Ikan Gabus untuk Ginjal

Albumin ikan gabus juga mengandung senyawa asam amino penting untuk tubuh seperti arginin, lisin, vialin, isoleusi, histidin, serta glutamin.

Fungsi lain albumin adalah sebagai anti oedema / pembengkakan pada kaki akibat kekurangan albumin dalam tubuh. Hal ini biasa dialami oleh pasien penyakit gagal ginjal.

Manfaat Ikan Gabus untuk Ginjal
baca juga

Cara Pengolahan Ikan Gabus untuk Pengobatan

Nah, sudah tahu kandungan gizi dan manfaatnya, saatnya pengolahan ikan gabus yang benar agar gizinya tetap ada jika diolah.

Caranya:

  1. Siapkan 2 kg ikan gabus, lalu bersihkan
  2. Kukus ikan gabus selama 30-40 menit dengan suhu pemanasan tidak lebih daru 50 derahat celsius.
  3. Pisahkan antara daging dan duri, lalu blender daging dengan air secukupnya. Untuk menghilangkan amis tambahkan sedikit jeruk nipis dan sereh.
  4. Ukuran 2kg gabus bisa untuk 3-4 hari konsumsi. Hasil blender berupa jus diminum 2 kali dalam sehari.
  5. Secara umum albumin dengan konsumsi segar dapat mencapai normal dalam waktu 5-6 hari konsumsi.
Cara Pengolahan Ikan Gabus untuk Pengobatan