Mengetahui ciri hamil muda sangat perlu agar moms bisa menjaga kehamilan sejak dini. Para ibu juga pasti mendambakan kehamilan yang sehat baik bagi ibu hamil maupung jabang bayi, hingga masa kelahiran pun berjalan lancar.

Menjaga kehamilan sudah menjadi tanggung jawab ibu. Maka dari itu moms perlu mengetahui ciri-ciri hamil muda, karena jarang ada ibu yang menyadari tanda-tandanya. Selain memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan ciri-ciri yang bisa moms ketahui antara lain seperti tidak mengalami menstruasi sesuai dengan siklusnya, merasa kelelahan karena perubaha hormonal, mual sepanjang hari atau morning sickness, kram pada kaki, payudara sakit, mengidam, dan bercak darah yang dialami sebagian ibu hamil.

Ciri Hamil Muda yang Sehat

Moms juga perlu mengetahui kondisi serta ciri-ciri hamil muda yang sehat. Telat menstruasi, morning sickness, perubahan emosi, nyeri punggung, kram perut, dan bercak darah merupakan sesuatu ciri hamil muda yang sehat atau normal dialami ibu hamil pada umumnya. Jadi moms tidak perlu khawatir mengalami kejadian-kejadian tersebut. Moms perlu lebih banyak beristirahat.

Selain itu, wajar bila ibu hamil muda mengalami pertambahan berat badan yang terjadi karena nafsu makan yang ikut bertambah serta janin yang makin berkembang. Pastikan ya, moms dalam keadaan hamil muda yang sehat yakni moms tidak mengalami pendarahan yang hebat. Dan pastikan bahwa janin berkembang sesuai dengan usia kehamilan yakni dengan melakukan USG di dokter kandungan ya moms.

Ciri Hamil Muda yang Sehat
baca juga

Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Setelah kehamilan menginjak usia 1 minggu, tentu ada perubahan atau gejala-gejala yang dialami contohnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal lainnya yang menjadi ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yakni:

  1. Suhu tubuh meningkat setelah proses ovulasi karena pelepasan hormon progesteron.
  2. Kelelahan dan sering mengantuk karena adanya perubahan hormon sehingga ibu hamil harus lebih sering beristirahat.
  3. Perubahan bentuk payudara mulai terlihat pada pada usia kehamilan 1 minggu hingga 3 minggu. Umumnya payudara akan terlihat lebih besar, padat, dan kencang.
  4. Sering buang air kecil juga terjadi saat moms memasuki awal-awal kehamilan.
  5. Di awal kehamilan moms pasti tentu merasakan indera penciuman menjadi lebih tajam atau sensitif dari biasanya. 

Ciri Ciri Hamil 1 Bulan

Memasuki 1 bulan kehamilan, tentu payudara akan lebih sensitive jika disentuh, seperti terasa nyeri. Berat badan pun makin bertambah yang menyebabkan sakit pinggang di bagian bawah.

Ciri Ciri Hamil 1 Bulan
baca juga

Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil

Selain perubahan bentuk tubuh yang semakin membesar atau perut membuncit, serta perubahan bentuk payudara, ciri-ciri fisik lainnya ketika wanita sedang hamil yakni perubahan pada pigmen kulit. Sebagian ibu hamil akan mengalami perubahan lebih cerah dari sebelumnya, dan ada juga yang mengalami perubahan kulit lebih gelap dari biasanya.

Ciri-Ciri Fisik Wanita Hamil