Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang paling diminati. Letaknya yang tidak jauh dari ibu kota menjadikan Pulau Tidung Jakarta dijadikan sebagai pilihan berlibur dalam jangka waktu pendek bagi masyarakat yang mungkin merasa penat akan kepadatan kota dan ingin merasakan indahnya alam.

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat yang paling indah di Kepulauan Seribu yang menyajikan pemandangan alam yang eksotis. Daya tarik utamanya adalah keindahan alam, pantai, dan keanekaragaman biota laut, pulau ini terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Wisata pulau tidung besar dan pulau tidung kecil ini terpisah, sebagai penghubung di antara dua pulau tersebut, terdapat sebuah jembatan yang disebut dengan nama Jembatan Cinta. Jembatan yang cukup tinggi ini kurang lebih delapan meter dari permukaan laut dengan dasar laut sekitar empat sampai lima meter dengan kondisi air yang jernih serta arus laut yang relatif tenang.

Berikut mari kita simak ulasan tentang pulau tidung besar, pulau tidung kecil beserta jembatan cinta di pulau tidung yang menyatukan keduanya.

Pulau Tidung Besar

Pulau Tidung Besar merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan kepulauan seribu. Pulau tidung ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau tidung besar merupakan pulau yang dihuni oleh masyarakat. Sebagai pulau yang sudah menjadi tempat pemukiman penduduk, Pulau Tidung Besar sudah memiliki berbagai fasilitas seperti penginapan, penjual makanan, dan juga tempat ibadah.

Tak hanya itu, bagi yang memiliki hobby olahraga air di sini juga sudah tersedia berbagai wahana air seperti banana boatdonat boat, sofa boat, kapal kano, jetski, dan fasilitas lainnya yang bisa melengkapi wisata Moms bersama keluarga. Selain itu di pulau tidung besar Moms dan keluarga juga bisa berjemur dipinggir pantai dan di sore harinya bisa menyaksikan sunset yang indah dan eksotis.

Pulau Tidung Besar
baca juga

Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidung Kecil merupakan pulau tanpa penghuni dan hanya dijadikan wilayah konservasi di pulau tidung. Di kawasan wisata ini juga merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove dan ilalang, dengan pantai yang berpasir putih. Pulau ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang.

Pulau Tidung Kecil memiliki hamparan pasir putih yang membuat pantainya menjadi cantik. Air laut kebiruan yang jernih memberi kesempatan para wisatawan untuk melihat lebih jauh ke dasar air yang terdapat ikan-ikan cantik dan juga terumbu karang.

Untuk menuju ke pulau tidung kecil dari kita cukup berjalan kaki dari pulau tidung besar melewati Jembatan Cinta yang menghubungkan kedua Pulau tersebut.

Sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan hamparan pemandangan laut yang indah. Pulau Tidung Kecil tergolong masih asri dan bersih dengan pesisir pantai yang sangat menawan. Pulau ini ramai di kunjungi para wisatawan yang memang sedang berwisata ke pulau tidung besar lalu menyempatkan untuk mampir ke Pulau Tidung Kecil untuk berfoto dan berenang di pantainya yang masih bersih dan alami.

Pulau Tidung Kecil

Jembatan Cinta di Pulau Tidung

Jembatan Cinta adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu. Jembatan cinta di pulau tidung menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi para wisatawan. Konon katanya dinamakan jembatan cinta karena menurut mitos, bagi wisatawan yang berkunjung ke jembatan ini dengan pasangannya maka bisa membuat cinta mereka kekal abadi.

Panjang jembatan yang terbuat dari kayu ini sepanjang 800 meter. Saat pagi atau sore hari, jembatan ini menjadi tempat yang sangat romantis untuk menyaksikan sunrise atau sunset. Moms dan keluarga juga dapat menguji keberanian dengan melompat ke dalam laut dari Jembatan Cinta yang tingginya sekitar delapan meter ini.

Jembatan Cinta di Pulau Tidung
source: http://wisatapulautidung.com/