Dan produk perawatan kulit berbahan dasar aloe vera adalah salah satu yang bisa Moms coba.
Riset menunjukkan, khasiat lidah buaya tidak hanya baik untuk perawatan tubuh, melainkan juga untuk mencegah penyakit kronis seperti asma, glaukoma, hipertensi, radang usus, hingga diabetes.

Inilah alasan di balik meningkatnya popularitas aloe vera. Selama 2 tahun terakhir, tidak sedikit perusahaan kosmetik lokal maupun mancanegara yang merilis beragam inovasi produk dengan kandungan ekstrak lidah buaya. Sebenarnya, apa saja sih, manfaat baik dari aloe vera? Biar tidak penasaran, langsung simak yuk, selengkapnya!

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, dan sejumlah hormon. Tanaman ini juga mengandung unsur-unsur, seperti krom, magnesium, mangan, dan seng. Aloe vera bersifat antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis.

Tak heran, penggunaan aloe vera sangat dianjurkan untuk mencegah keriput dan menurunkan risiko penyakit degeneratif.

Manfaat Lidah Buaya
baca juga

Khasiat Alami Aloe Vera untuk Rambut

Moms, aloe vera juga sangat bagus lho, digunakan untuk merawat rambut. Menyuburkan rambut, menghilangkan ketombe, serta menyehatkan kulit kepala hanyalah sedikit dari manfaat aloe vera.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Ambil satu buah lidah buaya berukuran sedang, lalu kupas daunnya. Gunakan sendok untuk mengambil gel dalam aloe vera. Gosokkan gel aloe vera di permukaan kepala. Moms juga bisa mencampurkan gel aloe vera dengan minyak zaitun, bila suka.

Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan rambut indah impian!

Khasiat Alami Aloe Vera untuk Rambut

Manfaat Aloe Vera untuk Wajah, Apa Saja?

Kandungan antioksida dalam aloe vera sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Berikut sejumlah manfaatnya yang wajib Moms ketahui:

  1. Meredakan kulit terbakar
  2. Melembabkan kulit.
  3. Menghilangkan bekas luka.
  4. Mencegah penuaan dini.
  5. Mengurangi bekas jerawat dan infeksi.
  6. Menghilangkan noda hitam pada wajah.
Manfaat Aloe Vera untuk Wajah, Apa Saja?
baca juga

Manfaat Aloe Vera untuk Jerawat

Aloe vera juga sudah dikenal sejak lama, ampuh untuk mengobati jerawat, berkat kandungan hormon giberelin dan polisakarida. Keduanya bertindak sebagai antibakteri untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, zat alami ini juga dapat menghilangkan minyak berlebih, kotoran, juga sel kulit mati yang rentan mencetus timbulnya endapan serta infeksi bakteri pada pori-pori kulit.

Untuk mengusir jerawat, Moms bisa mencampurkan gel aloe vera dengan sedikit irisan jeruk lemon lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat.

Efek Samping Penggunaan Aloe Vera

Meski banyak manfaat kesehatan dari aloe vera, tetap batasi penggunaannya ya, Moms. Ingat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan serta tidak mengikuti aturan penggunaan yang tepat, akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Dalam jangka waktu lama, inilah efek samping pemakaian lidah buaya secara berlebih yang patut Moms waspadai:

  • Menimbulkan alergi pada kulit, seperti gatal-gatal kemerahan atau peradangan.
  • Jika tertelan, gel aloe vera dapat mencetus kontraksi dan komplikasi yang berbahaya bagi janin dalam rahim ibu hamil.
  • Dapat memicu gagal ginjal bila dikonsumsi secara bersamaan dengan obat tertentu, seperti obat antidiabetes, obat diuretic, atau digoxin.
  • Mengonsumsi jus lidah buaya dapat memperburuk kondisi penderita wasir.
  • Kandungan lateks dalam jus aloe vera dapat menimbulkan reaksi kram perut atau nyeri lambung yang intens.
Efek Samping Penggunaan Aloe Vera

Dalam dosis dan frekuensi penggunaan yang normal, aloe vera sangat baik untuk kesehatan. Namun, pastikan Moms segera berkonsultasi dengan dokter kulit jika muncul reaksi alergi selama menggunakannya.