Kandungan Nutrisi Buah Plum

Untuk memperkuat alasan mengapa buah plum sangat baik untuk diet, berikut ini daftar kandungan nutrisi di dalam buah plum beserta penjelasan singkatnya.

  1. Serat tinggi. Terkandung 1,5 gram serat di dalam satu porsi buah plum hitam. Kandungan serat yang tinggi pada plum hitam ini bisa dijadikan alternatif bagi Moms yang sedang menjalankan diet, untuk mengimbangi sarapan yang berat.
  2. Vitamin C tinggi. Terkandung lebih dari 7% vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh kita setiap hari. Ini sangat baik bagi tubuh karena menjadi sumber antioksidan (mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menjauhkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler dan kanker usus).
  3. Rendah kalori. Kandungan kalori pada buah plum hitam hanya sekitar 30 kalori di tiap butirnya atau 1,5% dari asupan normal tiap harinya, sehingga cocok untuk diet sebagai pengganti camilan.
  4. Rendah karbohidrat. Karbohidrat dalam buah plum hitam hanya mengandung 7,5 gram karbohidrat. Maka dari itu, buah ini baik untuk dikonsumsi Moms yang sedang dalam program diet.
  5. Rendah gula. Buah plum cocok sebagai pengganti camilan yang tidak sehat tanpa perlu takut terjadi kenaikan berat badan karena buah plum memiliki indeks glikemik yang rendah.
  6. Rendah lemak. Buah plum mengandung lemak yang sangat rendah, yaitu hanya 0,2 gram saja di setiap butirnya. Maka, Moms sangat cocok mengonsumsi buah plum untuk diet.
Kandungan Nutrisi Buah Plum
source: http://siarandepok.com/

Jenis-jenis Olahan Buah Plum

Sebagai buah untuk diet, buah plum bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan sehingga dapat dinikmati sesuai selera masing-masing. Berikut ini beberapa jenis olahan buah plum untuk diet dan cara membuatnya.

  1. Jus plum. Pertama, siapkan beberapa buah plum segar. Cuci bersih dan potong menjadi ukuran kecil. Haluskan dengan blender dan tambahkan madu sebagai pemanisnya.
  2. Plum kering. Cara membuat buah plum kering adalah cuci bersih buah plum yang sudah matang dan keringkan dengan cara menjemur di bawah sinar matahari selama 3-4 hari atau menggunakan oven. Kemudian, konsumsilah buah plum yang sudah benar-benar kering itu dengan merebus 5 butir buah plum dalam 250 cc air dan tunggu hingga mendidih. Ada perbedaan rasa yang dihasilkan dari cara menjemur dalam manfaat buah plum kering untuk diet.
  3. Pasta plum. Cuci buah plum segar dan potong menjadi beberapa bagian. Rendam dengan air panas selama 15 menit dalam wadah tertutup. Buatlah pasta dengan mencampurkan gandum, kefir, dan biji rami, lalu simpan dalam lemari pendingin. Campurkan pasta dengan buah plum dan pasta plum siap dinikmati.
  4. Dimakan langsung. Ini bisa menjadi pilihan apabila Moms menyukai rasa asam. 
Selamat mencoba!
Jenis-jenis Olahan Buah Plum
source: https://hellosehat.com/