Gaya rumah minimalis kini tengah menjadi tren di tengah kehidupan metropolitan. Minimalis sendiri merupakan gaya hidup atau pola pikir yang praktis, sederhana, dan efisien. Gaya hidup seperti itulah yang diterapkan masyarakat urban dalam membangung atau mendesain rumah yang diinginkannya.

Kesan rumah minimalis yang sederhana tidak selalu membosankan. Walau sederhana, kualitas desain harus lebih baik, bangunan pun dibuat lebih kokoh, dan memberikan kesan yang kuat pada ruang-ruang kosong.  

Ciri Rumah Minimalis dan Modern

Desain rumah minimalis dan modern jika disatukan akan memberikan kesan rumah yang lapang, sederhana, namun mewah. Ciri-ciri yang membentuk sebuah rumah minimalis dan modern antara lain:

baca juga

1. Mengurangi penggunaan sekat

Pada rumah minimalis modern, ruangan dibiarkan terbuka dengan tidak menampilkan sekat-sekat ruangan yang terlalu banyak. Tidak adanya sekat memberi kesan rumah lebih luas, sekaligus berfungsi menjadikan sebuah ruangan bisa dimanfaatkan secara ganda, misalnya sebuah ruangan bisa dijadikan ruang tamu dan ruang kekuarga sekaligus.
1. Mengurangi penggunaan sekat

2. Berbentuk kotak dan garis horizontal-vertikal

Bentuk kotak pada bangunan rumah memberikan kesan rumah minimalis yang kokoh dan tegas. Tidak seperti rumah pada umumnya yang memiliki atas segitiga, atap rumah minimalis modern dibuat datar. Terlebih ada garis-garis vertikal atau horizontal di beberapa bagian rumah yang terlihat menonjol.
2. Berbentuk kotak dan garis horizontal-vertikal
baca juga

3. Pemilihan warna

Warna yang digunakan pada rumah minimalis modern biasanya seragam, atau sedikit warnanya, dan tidak menggunakan warna-warna yang mencolok. Agar lebih terlihat elegan dan modern, warna yang dipilih biasanya warna yang terang tetapi lembut.
3. Pemilihan warna

4. Bisa diterapkan dimana saja

Desain rumah minimalis cocok diterapkan pada rumah yang memiliki lahan luas maupun sempit.

4. Bisa diterapkan dimana saja

5. Interior dan eksterior sederhana

Selain tampilan rumah bagian luar yang minimalis, tampilan dalam rumah juga terlihat sederhana. Bagian interior rumah memiliki ruangan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk ruangan lain, sementara bagian ekterior berbentuk geometris.
5. Interior dan eksterior sederhana

Rumah Minimalis Modern

Membangun rumah yang minimalis modern juga memberikan gambaran akan penghuninya, lho. Penghuninya akan tergambar sebagai karakter yang mewah, simple, rapih dan elegan. Di bawah ini contoh desain rumah minimalis modern yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Rumah Minimalis Modern

Rumah Minimalis 1 Lantai

Saat ini banyak rumah 1 lantai yang menerapkan konsep rumah minimalis. Tentu rumah 1 lantai bisa didekorasi atau didesain dengan sederhana dan mewah jika moms memahami karakteristik dari rumah minimalis yang sudah dijelaskan di atas.

Rumah Minimalis 1 Lantai

Rumah Minimalis 2 Lantai

Jika moms ingin membuat rumah 2 lantai yang minimalis, pastikan ekteriornya geometris, ya. Pada rumah 2 lantai yang didesain minimalis juga membuat rumah moms terlihat makin modern dan berkelas. Rumah 2 lantai berbeda dengan rumah 1 lantai, tapi keduanya masih cocok jika moms ingin mengusung tema rumah minimalis. Yang terpenting adalah, kamu harus bisa menetapkan denah rumah yang nyaman dan berfungsi baik.

Rumah Minimalis 2 Lantai