Tumpeng merupakan menu warisan budaya yang sampai sekarang masih disajikan pada perayaan untuk memperingati momen-momen penting seperti pada acara ulang tahun, perayaan syukuran kehamilan, perayaan 17 Agustusan, acara siraman, upacara pernikahan, dan masih banyak lagi. Selain tujuannya yang beragam, bentuk dan jenis dari tumpeng juga beragam, mulai dari bentuk yang tradisional hingga bentuk modern. Seperti halnya tumpeng mini.

Kalau biasanya kita melihat tumpeng dengan ukuran yang jumbo, kini tumpeng disajikan dalam bentuk yang modern yakni berukuran mini. Tumpeng menjadi salah satu makanan tradisional yang masih terus disajikan dan justru sekarang dikreasikan dengan bentuk yang unik.

Tumpeng Mini Ulang Tahun Anak

Jika moms bosan dengan kue tart dan ingin menyajikan menu makanan tradisional, moms bisa menyajikan tumpeng mini yang cocok untuk perayaan ulang tahun anak. Karena biasanya anak-anak suka dengan sesuatu yang lucu dan unik, moms bisa kreasikan bentuk tumpeng yang tidak harus berbentuk kerucut, bisa berbentuk hati, candi-candi, bintang, bulan, dan lain-lain, sesuaikan dengan kesukaaan dan keinginan anak.

baca juga

Tumpeng Mini Sederhana

Walau terlihat sederhana, pembuatan tumpeng tidak sesederhana yang dibayangkan. Perlu keuletan dan kesabaran saat mengaduk beras hingga menjadi nasi kuning yang merata. Selain nasi kuning yang dibentuk kerucut, tumpeng mini sederhana juga bisa disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti telur balado, orek tempe, ayam goreng, telur dadar yang dipotong panjang dan urap. Sehingga pada acara formal, tumpeng mini sederhana ini sering dijadikan pengganti nasi kotak ataupun prasmanan.

Tumpeng Ulang Tahun Unik

Membuat sebuah tumpeng ulang tahun yang unik gampang, lho moms. Moms hanya perlu kreasikan bentuk nasi kuning yang terjadi di tengah yang dikelilingi oleh lauk-pauk. Berikut bentuk tumpeng yang unik dan modern untuk ulang tahun.

baca juga

1. Bentuk tumpeng dengan menggunakan karakter kartun

2. Bentuk tumpeng menyerupai kue tart dengan hiasan-hiasan unik di atasnya

3. Tidak selalu berwarna kuning, tumpeng pelangi ini justru terlihat unik & berikan kesan ceria