Manfaat Bawang Putih Tunggal & Cara Mengonsumsinya

Bawang putih tunggal dalam pengobatan tradisional disebut juga dengan bawang putih lanang, Moms. Apa sih perbedaan bawah putih tunggal dengan bawang putih biasa?

Sesuai dengan namanya, bawang putih tunggal hanya memiliki satu buah siung tunggal pada setiap bonggol sementara bawang putih yang biasa Moms gunakan untuk memasak memiliki banyak siung dalam satu bonggol. Bentuknya pun cenderung lebih bulat dibandingkan suing bawang putih biasanya. Selain dari bentuknya, bawang putih tunggal juga lebih berkhasiat sebagai pengobatan herbal dan dalam mencegah berbagai penyakit loh Moms.

Beberapa zat yang terkandung dalam bawang putih tunggal yaitu zat allicin yang dapat menurunkan kadar kolesterol, kalsium, protein, lemak, fosfor, minyak atsiri, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan zat kallin sebagai ciri utamanya yang membuat bawang putih mentah terasa getir saat dikonsumsi Moms.

Bagi kesehatan, manfaat bawang putih tunggal diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, mencegah masuk angin dan batuk, meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan influenza, mengatasi diabetes, mencegah kanker, mengatasi asma, mengobati wasir atau ambeien dan bermanfaat bagi kesuburan pria maupun wanita.

Adapun cara mengonsumsi bawang putih tunggal yang tepat yakni dengan mengonsumsinya secara mentah. Meskipun kita dapat mengonsumsina kapan saja, namun waktu terbaik untuk mengonsumsi bawang putih tunggal adalah saat perut masih kosong atau ketika bangun tidur, yang berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Tentu dengan mengonsumsinya secara teratur juga ya, Moms.

Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Madu

Bermanfaat secara keseluruhan untuk kesehatan, mengonsumsi bawang putih tunggal dan madu juga berkhasiat untuk membantu penurunan berat badan loh Moms. Zat allicin yang terkandung di dalam bawang putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak dapat terbakar lebih cepat. Serta antioksidan di dalamnya membantu menghancurkan timbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi bawang putih tunggal dan madu dapat menyembuhkan asma.

Dapatkan manfaat ganda dengan mengkombinasikan bawang putih dengan madu organik murni untuk hasil yang lebih maksimal Moms. Caranya dengan memotong-motong bawang putih kemudian memarkan, lalu seduh dengan air hangat dan jangan lupa tambahkan madu organik ke dalamnya kemudian aduk rata. Meminumnya selagi perut kosong juga bagus loh, Moms.

baca juga

Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Jahe Merah

Mengonsumsi bawang putih tunggal dan jahe merah merupakan salah satu cara dalam memelihara kesehatan, terutama dari resiko penyakit yang berhubungan dengan jantung Moms. Bahkan dapat digunakan sebagai pereda nyeri punggung juga loh Moms dengan mengompres area punggung yang sakit menggunakan ramuan bawang putih tunggal dan jahe merah.

Cara membuat bawang putih tunggal dan jahe merah yang dapat diminum setiap hari yaitu dengan menghaluskan bawang putih beserta jahe kemudian ambil sarinya, lalu masak hingga mendidih dan buang ampasnya. Bisa juga ditambahkan madu murni, sari lemon ataupun cuka apel. Moms cukup mengonsumsinya sekitar 2 sendok makan setiap pagi sebelum sarapan.

Cara Mengonsumsi Bawang Putih untuk Atasi Kolesterol

Baik dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun matang, kandungan manfaatnya tetap sama besar Moms. Walaupun dalam beberapa pengobatan memang disarankan untuk mengonsumsi bawang putih yang masih mentah. Orang yang rutin memakan bawang putih, memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada yang menghindari bawang putih loh, Moms.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari bawang putih untuk menurunkan kolesterol jahat, Moms dapat mengonsumsi bawang putih dengan menghancurkan 5 siung kemudian diamkan sebentar selama 5 menit untuk mengaktifkan senyawa di dalamnya. Kemudian Moms dapat menambahkan air dan perasan jeruk lemon pada bawang putih sebelum dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat ganda. Selamat mencoba, Moms!