Rebonding vs Smoothing

Kriteria rambut lurus yang ada di Indonesia menjadikan para wanita mendambakan rambut yang lurus. Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut indah dam lurus terawat. Sehingga banyak sekali wanita yang ingin merubah jenis rambutnya yang keriting atau ikal menjadi rambut yan lurus. Nah, dari keinginan tersebut maka kemudian semakin marak perawatan rambut lurus dan terawat dengan berbagai perawatan yang mengandung vitamin.

Pada dasarnya rebonding dan smoothing memiliki kesamaan utama, yakni sebagai pilihan untuk mendapat rambut lurus nan indah. Namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Tentunya ada kekurangan dan kelebihan diantara keduanya. 

Apa Itu Rebonding?

Sebelum mengetahui lebih detail, yang perlu anda ketahui adalah pengertian dari kata tersebut. Rebonding adalah Teknik meluruskan rambut dengan bahan kimia yang prosesnya mengubah/memotong ikatan kutikel dalam rambut. Proses Rebonding  melalui proses kimiawi yang mengubah struktur protein rambut. 

Pada proses rebonding, jenis rambut yang sangat cocok untuk perawatan ini adalah jenis rambut keriting. Sedangkan untuk rambut yang ikal atau keriting yang tidak terlalu parah, lebih baik memilih perawatan smoothing. 

Teknik yang digunakan pada saat rebonding adalah dengan membuat obat meresap pada kutikula rambut, untuk kemudian diubah struktur alami rambut sehingga menjadi lurus. Teknik ini memberikan hasil yang lurus namun terkesan sedikit kaku. 

baca juga

Apa Itu Smoothing

Selanjutnya yang perlu moms ketahui yakni arti dari kata Smoothing. Smoothing  adalah Teknik meluruskan rambut dengan bahan kimia yang prosesnya menyejajarkan kembali susunan rambut sehingga rambut tampak lebih halus, rapi, dan mudah diatur.

Berbeda dengan rebonding, smoothing memberi kesan lebih natural. Hal ini disebabkan karena cara yang dipergunakan pada smoothing adalah dengan menggunakan obat yang mengandung protein atau biasa disebut keratin yang diaplikasikan sebelum menggunakan pelurus. Pada teknik ini tidak mengubah struktur alami rambut namun hanya membuatnya menjadi lebih halus, lurus terlihat natural.

Apa Saja Perbedaan Rambut Rebonding VS Smoothing?

Terdapat beberapa hal yang membedakan antara rebonding dan smoothing lho moms. Yuk ketahui lebih dini sebelum melakukannya. 

  • Jenis Rambut Awal. Rambut awal ternyata menjadi salah satu alasan yang membedakan antara rebonding dan smoothing. Rebonding cenderung digunakan untuk rambut yang memang tidak lurus, karena kandungan kimianya mengubah rambut menjadi lurus. Sedangkan smoothing mulanya biasanya digunakan pada rambut yang sudah lurus asli atau pasca rebonding. Karena smoothing melembutkan dan meluruskan sambut dalam jangka waktu sementara.
  • Hasil Akhir. Meski keduanya bertujuan meluruskan rambut, namun hasil dari proses rebonding dan smoothing ternyata berbeda moms. Hasil yang lebih lembut, alami dan memiliki resiko rendah adalah hasil akhir dari smoothing karena bahan yang digunakan memiliki efek melembutkan rambut. Sedangkan hasil akhir rebonding adalah cenderung kaku dan tidak alami. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan kimia yang digunakan dalam perawatan ini.
  • Daya tahan. Jika dibandingkan keduanya, rambut hasil rebonding akan tetap perioritas. Karena memang hasil dari rambut rebonding memiliki jangka waktu yang lebih lama ketimbang smoothing. Hasil rebonding bisa bertahan sampai 2 tahun sesuai dengan perawatan yang dilakukan pasca rebonding, sedangkan smoothing hanya bertahan tidak lebih atau kurang dari setahun. Karena memang hanya bersifat sementara. Pasca hasil rebonding dan smoothing pun berbeda jika ingin mengulangi perawatan itu lagi. Untuk melaniutkan smoothing moms bisa langsung ke salon jika masa smoothing sudah kembali ke rambut awal, tetapi tidak untuk rebonding. Jika rambut hasil rebonding sudah kembali ke rambut awal, moms harus menunggu minimal satu tahun untuk melakukan perawatan itu lagi, karena akan berdampak pada kerusakan rambut.
  • Waktu pengerjaan. Waktu yang dibutuhkan smoothing ternyata lebih lama daripada rebonding. Meskipun hasil akhir menunjukkan rebonding lebih lama, tetapi dalam pengerjaannya smoothing yang ternyata menghabiskan waktu lebih lama. Karena pengolesan pelembut rambut membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 3-4 jam. Sedangkan untuk melakukan rebonding, waktu pengerjaannya lebih singkat sekitar 2-3 jam, karena obat rebonding lebih cepat meresap pada rambut.
  • Biaya Yang Dikeluarkan. Untuk rebonding, pada masa awal pelurudan memang memiliki biaya yang lebih murah daripada smoothing. Perbandingan biaya antara rebonding dan smoothing adalah 1:2. Namun dalam perawatannya, ternyata lebih banyak rebonding daripada smoothing. Rebonding harus berkala dan tentu masih mengeluarkan uang tambahan untuk perawatannya moms, sedangkan tidak untuk smoothing. Smoothing menghabiskan biaya di awal dengan perawatan biasa yang bisa dikerjakan di rumah. 
baca juga

Lebih Bagus Smoothing Atau Rebonding?

Moms tentu sudah bisa membandingkan antara rebonding dan smoothing bukan? Keduanya memiliki sisi kebaikan masing-masing. Nah, moms hanya perlu melihat tujuan yang diharapkan sesuai dengan perbandingan di atas untuk menentukan pilihan. Setelah mengetahui keinginan awal, selanjutnya moms bisa mengambil mana yang terbaik bagi kebutuhan moms, tentunya sesuai jenis rambut yang dimiliki ya moms.