Jenis Antibiotik yang Aman untuk Anak

Antibiotik memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab terjadinya infeksi, termasuk pada gigi. Jenis-jenis antibiotik untuk sakit gigi meliputi amoxicillin, erythtromycin, doxycycline, dan clindamycin. Meskipun keempatnya dapat mengobati sakit gigi, namun penggunaannya tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan aturan dan resep dokter.

Menurut Prof. drg. Heriandi Sutadi SpKGA (K)., Ph.D., antibiotik untuk gigi bengkak memang diberikan oleh dokter. Resep antibiotik wajib diberikan apabila sakit gigi terjadi akibat inflamasi atau peradangan. Sedangkan untuk sakit gigi biasa, pasien hanya perlu mengonsumsi obat analgesik saja.

Jenis Antibiotik yang Aman untuk Anak
source: https://todaysparent.com/

Efek Samping Antibiotik pada Anak

Sakit gigi dengan pendarahan dan pembengkakan pada si kecil memang memungkinkan untuk pemberian antibiotik oleh dokter. Namun, dokter juga menerangkan bahwa ada efek samping dari konsumsi antibiotik ini. Fungsi dan dosis untuk setiap pasien berbeda-beda, apalagi bakteri justru menjadi resisten bila terpapar antibiotik secara terus-menerus.

Selain itu, jika antibiotik diberikan terus-menerus, partikelnya akan masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan perubahan warna gigi dari dalam (intrinsik). Nah, gigi yang menguning ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan sikat gigi atau scaling, namun harus diputihkan dengan metode bleaching.

Efek Samping Antibiotik pada Anak
source: https://dentalsleepstlouis.com/
baca juga

Menggali Akar Permasalahan dari Sakit Gigi

Terjadinya sakit gigi merupakan akibat dari perawatan gigi yang kurang. Sisa-sisa makanan yang tertinggal membuat bakteri tumbuh. Bakteri Streptococcus mengubah sukrosa menjadi asam. Asam inilah yang mengiritasi gigi. Maka dari itu, sebagai orang tua, Moms sebaiknya memperbaiki kebiasaan anak yang malas menggosok gigi atau mengurangi konsumsi permen dan cokelat pada si kecil.

Menggali Akar Permasalahan dari Sakit Gigi
source: http://pediatricdentistorlando.com/