Itulah sebabnya, penting bagi para pasangan muda untuk mulai mempertimbangkan investasi sejak dini. Salah satu yang paling banyak dipilih dan terlihat cukup menjanjikan adalah investasi saham. Namun, bagi Mommy para pemula, ada baiknya untuk memahami konsep-konsep dasar dalam investasi. Untuk membantu, simak ulasan mengenai investasi saham untuk pemula berikut ini.

Investasi Saham Adalah ...

Sebelum mulai melakukan sebuah investasi, ada baiknya Mommy memahami dulu apa yang dimaksud dengan investasi, khususnya investasi saham. Nah, investasi saham merupakan sebuah aktivitas penanaman modal yang diperoleh saat melakukan proses pembelian kepemilikan saham di perusahaan.

​​​​​​​Pembelian kepemilikan saham ini dilakukan untuk memberikan suntikan dana untuk mendukung berjalannya perputaran uang atau modal di perusahaan tersebut. Pada akhirnya, keuntungan dari perputaran uang itu akan dapat diperoleh sebagai hasil dari  penanam modal.

Opsi Simpanan Dana Selain Tabungan, Belajar Investasi Saham Kecil-Kecilan Yuk Moms!
source: https://www.sowetanlive.co.za/

Investasi Saham Syariah

Nah, sebagian dari orang Islam pasti mempertanyakan kehalalan dari investasi saham itu sendiri. Pada dasarnya, kehalalan ini tergantung pada banyak hal, apakah ada unsur riba dan bisnis seperti apa yang dijalankan? Namun, Mommy dapat mengikuti beberapa mekanisme investasi saham syariah untuk melakukan investasi yang lebih terjamin kehalalannya.

Berikut ini adalah salah satu video yang memaparkan bagaimana investasi syariah dalam bentuk reksa dana.
 

baca juga

Investasi Saham Pemula

Nah, bagi Mommy yang ingin mencoba berinvestasi sejak dini, cobalah untuk memilih mekanisme investasi reksa dana. Investasi model ini cukup banyak dipilih untuk para pemula yang ingin mulai berinvestasi.
 

youtube:ySolMNPZm7s
source: https://www.youtube.com/watch?v=ySolMNPZm7s
Apa itu Reksadana? (Gak pake jualan)

Investasi Saham Jangka Panjang
 

Opsi Simpanan Dana Selain Tabungan, Belajar Investasi Saham Kecil-Kecilan Yuk Moms!
source: http://www.arborinvestmentplanner.com/


Perlu dipahami pula bahwa investasi berbeda dengan menabung. Pasalnya, hasil dari sebuah investasi dapat diperoleh dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika Mommy menginginkan hasil yang besar, tentu investasi yang perlu dilakukan adalah investasi jangka panjang yang perlu dilakukan dalam rentang waktu tahunan. 

baca juga

Investasi Saham Online

Opsi Simpanan Dana Selain Tabungan, Belajar Investasi Saham Kecil-Kecilan Yuk Moms!
source: https://www.indianwealthmanagement.in/


Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, akses dunia digital dan online menjadi semakin besar. Tidak heran jika mekanisme investasi juga mulai merambah ke dunia tersebut. Jangan heran jika ada banyak rekomendasi untuk investasi saham online yang banyak dipromosikan. Namun, apabila ingin mencoba melakukan investasi saham online, pastikan untuk selalu mempelajari dengan saksama dan mempertimbangkan segala risikonya. Jangan lupa juga untuk mempelajari analisis dari investasi saham yang ditawarkan.