Bagi kaum muslim sendiri, riba adalah alasan yang paling utama. Padahal, tidak semua investasi berkaitan dengan hal-hal yang berbau haram. Investasi syariah misalnya. Investasi syariah adalah investasi yang segala pelaksanaannya tetap berdasarkan pada kaidah-kaidah islam.

Investasi jenis ini tentu aman dan cocok bagi umat muslim yang ingin berinvestasi tanpa harus terkontaminasi riba. Yuk moms, ketahui jenis investasi syariah yang paling menguntungkan.

Investasi Berbentuk Properti

Investasi jenis ini termasuk investasi yang cukup mudah, aman dan menghasilkan. Moms bisa membeli tanah, rumah atau bangunan untuk diinvestasikan kembali di masa mendatang. Berhubung harga properti hampir selalu melonjak dari tahun ke tahun, moms dapat menikmati keuntungannya di saat harga properti sedang naik.

Moms juga dapat menginvestasikannya dengan cara menyewakannya pada orang lain. Namun yang paling terpenting, pastikan jual beli properti dilakukan secara syariah dan terbebas dari riba.

Belajar Investasi Syariah, Ini Dia 5 Produk yang Sudah Dapat Lampu Hijau MUI
source: https://www.kelasinvestasi.com


 

Investasi Emas


Emas juga merupakan jenis investasi yang gampang dan menguntungkan, bahkan juga dianjurkan dalam Islam. Hal ini dikarenakan harga emas cukup stabil dan selalu naik setiap tahunnya. Tak hanya dapat menginvestasikannya di rumah, moms kini juga bisa menginvestasikannya di Pegadaian Syariah. Selain mudah, satuan ukuran emas yang cukup kecil bisa dijadikan investasi skala rendah bagi para pemula.

Investasi Emas
source: https://www.sahabatpegadaian.com


 

baca juga

Deposito Bagi Hasil lewat Investasi Syariah Mandiri


Moms juga bisa mencoba investasi berbentuk deposito di bank Syariah, seperti Bank Mandiri Syariah misalnya. Keuntungan lewat deposito syariah berasal dari kegiatan bagi hasil yang disesuaikan dengan keuntungan bersih pengelolaan dana. Adapun perjanjian ini disebut dengan akad Mudharabah, yaitu perjanjian yang disepakati oleh pihak pemilik modal dan pengelola modal. 

Deposito Bagi Hasil lewat Investasi Syariah Mandiri
source: https://www.moneysmart.id


 

Investasi Syariah di Pasar Modal Indonesia dengan Sukuk


Obligasi Syariah atau biasa dikenal dengan sukuk, kini menjadi salah satu alternatif investasi yang cukup menarik. Layaknya obligasi konvensional, sukuk ini dapat diterbitkan oleh pemerintah ataupun perusahaan (korporasi) dengan memiliki jangka waktu dan nilai imbal hasil tertentu.

Pada sukuk, imbal hasil yang diberikan adalah berupa uang sewa (ujrah) dengan persentase tertentu sesuai dengan prinsip syariah islam da  tidak mengandung unsur riba. Imbal hasil sukuk ini juga akan dibayarkan secara rutin pada periode tertentu dan nilai pokok pinjaman akan dibayarkan pada saat jatuh tempo.

Investasi Syariah di Pasar Modal Indonesia dengan Sukuk
source: https://www.tribunnews.com


 

baca juga

Reksadana


Reksadana merupakan produk investasi berupa kumpulan aset (portofolio) yang dikelola oleh manajer investasi. Aset reksadana bisa berupa saham, obligasi, surat berharga, hingga deposito. Pada reksadana yang berlabel syariah, proses dan pengelolaannya tentu akan dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah syariah. Akad investasi di reksadana syariah terbagi tiga, yaitu bakal kerja sama (musyarokah), sewa-menyewa (ijarah), dan bagi hasil (mudharabah).

Reksadana
source: https://www.finansial.bisnis.com

Nah, itu dia beberapa investasi syariah terbaik yang bisa moms coba. Nggak perlu ragu lagi, insya Allah aman, halal dan berkah.