Kolesterol adalah sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol juga merupakan jenis khusus lipid yang disebut steroid. Kadar kolestrol darah dapat dipengaruhi oleh mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Penyebab kolesterol lainnya yaitu gaya hidup yang tidak aktif, seperti jarang berolahraga. Dengan aktifnya kita berolahrga maka fisik dapat membantu Moms mengurangi berat badan sehingga dengan begitu membantu menurunkan kadar kolestrol Moms.

Selain itu memilih makanan dengan lemak jenuh yang rendah kolesterol dengan cukup serat sehingga mudah larut, perlu Moms lakukan. Saat kehamilan Moms sangat disarankan untuk menjaga makanan, pola hidup yang mencukupi kebutuhan gizi. Sehingga dapat berdampak baik pada kesehatan bayi Moms. Berikut ini mari kita simak penyebab kolesterol tinggi pada ibu hamil dan cara menurunkan kolesterol ibu hamil.

Penyebab Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil

Jika biasanya kadar kolesterol normal mencapai 120 dan 190 mg/dL, pada ibu hamil bisa mencapai 200 mg/Dl. Apabila peningkatan kolesterol Moms terlalu drastis selama hamil, risiko serangan jantung dan stroke tak terhindarkan. Untuk mengetahuinya Moms bisa melakukan tes darah untuk menjaga kadar kolesterol.

Berikut beberapa penyebab kolesterol:

  • Makanan yang dikonsumsi

Moms dianjurkan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi seperti gorengan dan makanan berlemak. Makanan-makanan seperti ini bisa dengan cepat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Moms, bisa perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan buah segar untuk menjaga kadar kolesterol.

  • Emosi yang tidak stabil
Emosi yang tidak stabil juga merupakan penyebab terkena kolesterol tinggi, karena perubahan hormon yang terjadi saat ibu hamil disertai dengan rasa sakit pada bagian tubuh menjadikan Moms seringkali merasa perubahan emosi pada diri. untuk itu perlu hati-hati saat merasa emosi dan berusaha untuk mengontrol diri.
  • Sering kelelahan
Ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi biasanya juga sangat mudah lelah. Kondisi ini biasanya memang sering terjadi saat kehamilan. Tetapi jika kadar kolesterol sangat tinggi maka bisa terjadi karena suplai oksigen dalam darah tidak memenuhi kebutuhan tubuh dan janin. Kemudian hal ini juga bisa menghambat sirkulasi darah karena mungkin saja kolesterol tinggi sudah menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah ke jantung dan bagian tubuh lain yang sangat penting untuk tubuh Moms dan bayi.
  • Menumpuknya lemak
Menumpukya lemak pada pembuluh darah arteri yang masuk ke jantung menjadi tersumbat sehingga dapat menyebabkan nyeri pada bagian dada Moms. Hal ini juga terjadi pada beberapa ibu hamil yang memiliki nafsu makan yang kurang terkontrol sehingga akan sangat mudah terkena kolesterol tinggi.
Penyebab Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil
baca juga

Menurunkan Kolesterol Ibu Hamil

Beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol dan aman dikonsumsi bagi ibu hamil adalah alpukat, buah zaitun, roti gandum, nasi merah, oatmeal, dan kacang-kacangan. Moms dianjurkan menghindari makanan yang mengandung mentega dan yang diolah dengan cara digoreng, karena mengandung lemak trans (jenis lemak tak jenuh) yang dapat menimbulkan kolesterol jahat. Selain itu juga dianjurkan menghindari makanan yang mengandung asam lemak jenuh seperti wafer dan cokelat. Hal berikut ini juga dapat membantu Moms menurunkan kolesterol:

  • Perbanyak minum air putih
Moms disarankan untuk banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari karena air putih bisa menyeimbangkan kondisi tubuh Moms .
  • Hindari lemak jahat
Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jahat atau trans yang biasa ditemukan pada makanan yang digoreng atau dipanggang, cookies, keripik, dan kue kering.
  • Melakukan olahraga ringan
Ibu yang hamil dianjurkan untuk melakukan olahraga yang tidak berat. Moms bisa melakukan olahraga ringan misalnya jalan santai keliling kompleks saat pagi atau sore hari. Melakukannya secara rutin dapat mengurangi kolesterol secara perlahan.
 
Menurunkan Kolesterol Ibu Hamil

Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis atau jeruk lemon adalah paling besar dibandingkan dengan buah lainnya. Senyawa ini mampu menghambat produksi kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan. Hal ini berarti konsumsi jeruk nipis bisa menurunkan atau mencegah terjadinya kolesterol tinggi atau penyakit kolesterol. Kandungan penting lain dari jeruk nipis yaitu vitamin C yang bisa menurunkan lemak dengan efektif.

Cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis sebagai berikut:

  1. Pilihlah jeruk nipis yang segar lalu cuci hingga bersih.
  2. potong jeruk nipis menjadi empat bagian
  3. Masukkan irisan jeruk nipis kedalam gelas.
  4. Tuangkan air hangat ke dalam gelas berisikan irisan jeruk nipis, kemudian tutup dengan rapat.
  5. Tunggu hingga 30 menit, lalu minum sampai habis.
  6. Lakukan secara berlanjut, pagi dan malam hari agar kolesterol segera berkurang.
Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis