Mengenali Bahaya dalam Lulur Pemutih Badan


Lulur pemutih badan permanen dan cepat memang jadi buruan banyak orang. Namun hati-hati saat memilih ya Moms. Jika efeknya tidak wajar, bisa saja produk itu berbahaya untuk kesehatan kulit dan tubuh. Nah, sebagai gambaran umum, berikut ini adalah ciri-ciri lulur pemutih badan yang sebaiknya Moms hindari.
Mengenali Bahaya dalam Lulur Pemutih Badan
source: https://karnaval.com
  • Menunjukkan hasil super cepat. Jika ada produk yang mengklaim bisa memutihkan kulit hanya dalam waktu sangat singkat, maka Moms harus waspada. Beberapa produk memang bisa memutihkan kulit dalam waktu singkat, namun biasanya hal itu terjadi karena ada kandungan merkuri atau hidrokinon yang sangat berbahaya. Sejauh ini belum ada produk pemutih badan alami yang bisa memberikan hasil dalam waktu beberapa hari, apalagi beberapa jam.
  • Hasilnya pucat. Kulit putih yang sehat biasanya berwarna kemerahan merona. Namun jika produk yang Moms gunakan ternyata memberikan hasil yang putih pucat, maka sebaiknya hentikan pemakaian. Dalam jangka panjang biasanya produk seperti itu akan memberikan dampak negatif.
  • Menimbulkan efek ketergantungan. Produk yang baik adalah yang memberikan hasil konsisten. Jika saat pemakaian dihentikan ternyata kulit kembali kusam, gelap, dan muncul noda hitam, maka hentikan pemakaian.
  • Kulit Jadi Kemerahan saat Terkena Sinar Matahari. Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan bahwa lulur yang Moms gunakan memutihkan kulit dengan cara mengelupaskan kulit luar. Akibatnya kulit akan menipis dan sensitif.
  • Warna dan baunya membuat tidak nyaman. Produk yang asal-asalan biasanya memiliki bau wangi yang menyengat untuk menyamarkan kandungan logam dan zat berbahaya di dalamnya. Selain itu warnanya juga terlihat menyolok dan teksturnya lengket. Jika nekat dipakai, biasanya hal ini akan membuat kulit rusak, dan bahan kimianya bisa mengancam kesehatan tubuh.

  •  

Cara Memilih Lulur Pemutih Badan dengan Tepat


Bahan-bahan kimia berbahaya di dalam lulur yang tidak berkualitas tak hanya mengancam kecantikan lho Moms. Dalam beberapa kasus, kandungan merkuri, hidrokinon, tetrinoin, dan zat berbahaya lain juga akan mengakibatkan masalah serius yang berimbas pada kematian. Nah, agar terhindar dari hal mengerikan, coba amati dulu apakah lulur yang Moms beli sudah memenuhi standard kesehatan.
Cara Memilih Lulur Pemutih Badan dengan Tepat
source: http://www.muslimah.co.id/files/uploads/2015/05/Khasiat-Warisan-Lulur-Nusantara.jpg
  • Pastikan produk memiliki sertifikat BPOM. Lulur pemutih badan BPOM tentunya sudah menjalani berbagai uji klinis agar aman digunakan. Karenanya jangan mudah tertipu dengan tawaran harga murah dan hasil cepat. Amati izin edarnya dengan seksama.
  • Perhatikan kandungan bahan di dalamnya. Jangan sampai ada kandungan bahan berbahaya di dalamnya.
  • Baca review produk. Saat ini tidak sulit mencari referensi tentang produk di dunia maya. Tak hanya bicara soal kualitas, penulis biasanya juga menuliskan review lulur pemutih badan dan harganya di dunia maya.
  • Lebih baik gunakan bahan alami. Daripada menanggung risiko berat, sebaiknya Moms memilih lulur pemutih badan alami. Mungkin hasilnya tidak bisa langsung dirasakan, namun setidaknya bisa mengurangi risiko dan bahaya.
Mempercantik diri memang hal yang menyenangkan, Moms. Namun hati-hati juga saat melakukannya. Dengan hadirnya media sosial, berbagai produk kecantikan termasuk lulur pemutih badan permanen dan cepat sudah banyak beredar. Jangan sampai jadi korban iklan, dan pilih dengan seksama agar terhindar dari hal mengerikan.