Meskipun keputihan adalah hal normal dialami oleh wanita, Moms tetap harus tahu mana keputihan yang normal dan keputihan yang tidak normal.

Keputihan normal biasanya memiliki ciri-ciri:

  • Tidak berwarna atau berwarna putih.
  • Tidak berbau atau tidak mengeluarkan bau menyengat.
  • Meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam.
  • Tesktur cairan keputihan dapat berubah tergantung siklus menstruasi.
Sedangkan, keputihan tidak normal:
  • Cairan keputihan berbeda warna, bau, atau tekstur dari biasanya.
  • Cairan keputihan keluar lebih banyak dari biasanya.
  • Keluar darah setelah berhubungan seksual atau di luar jadwal haid.

Penyebab Keputihan

Ternyata, keputihan yang dialami setiap wanita berbeda-beda Moms, mulai dari jumlah, tekstur bahkan warna. Produksi keputihan ini dipengaruhi karena adanya perubahan hormon. Selain karena perubahan hormon, keputihan juga akan normal keluar saat wanita mendapatkan rangsangan seksual, sedang menyusui, atau stres. Ternyata selain itu, masih banyak lho penyebabnya. Lalu apa saja sih penyebab keputihan?

Penyebab Keputihan

Ada beberapa faktor yang membuat seorang wanita rentan mengalami infeksi vagina dan menimbulkan keputihan, antara lain:

  • Konsumsi pil KB dan obat kortikosteroid.
  • Menderita penyakit diabetes.
  • Melakukan hubungan seksual tanpa kondom dan sering berganti pasangan.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh, misalnya penyakit HIV
  • Terdapat iritasi di dalam atau sekitar vagina.
  • Menipisnya dinding vagina akibat menopause.
  • Terlalu sering membersihkan area kewanitaan dengan semprotan air.
  • Menggunakan sabun atau losion yang mengandung parfum atau pewangi.
Lalu bagaimana jika keputihan yang muncul menghasilkan bau yang tidak sedap?
baca juga

Penyebab Keputihan Berbau


Keputihan berbau? Sudah pasti tidak normal Moms. Keputihan yang tergolong tidak normal disebabkan oleh infeksi, baik karena jamur, bakteri (vaginosis bakterialis, gonore, chlamydia), atau parasit (trikonomisalis). Selain infeksi, keputihan juga dapat menjadi tanda dari kanker rahim atau leher rahim. Ternyata selain hal-hal tersebut, makanan yang dikonsumsi pun ikut andil dalam masalah keputihan. Lalu apa saja sih makanan yang menyebabkan keputihan?

1. Makanan Manis

1. Makanan Manis

Ternyata, makanan yang manis dengan kadar gula yang tinggi dapat membuat wanita lebih rentan mengalami keputihan lho, Moms. Hal ini diperkuat oleh penyataan Christine Greves, MD, seorang ahli Obstetric dan Gynecology, gula menjadi salah satu yang bisa memunculkan pertumbuhan jamur, khususnya di vagina. Wah jadi serem ya, Moms...

baca juga

2. Kopi

2. Kopi

Moms pecinta kopi? Ternyata Moms harus hati-hati lho jika mengkonsumsi kopi secara teratur. Pasalnya, kopi dapat menyebabkan wanita rentan mengalami infeksi vagina yang menyebabkan keputihan. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan stress bagi sebagian wanita, stress yang timbul ini lah yang semakin membuat Moms rentan terkena infeksi vagina. Mending dikurangin deh kalo gitu. 

3. Asparagus

3. Asparagus

Siapa sangka makanan sehat ini dapat menyebabkan infeksi vagina dan berbau? Namun bukan berarti Moms tidak boleh mengkonsumsi asparagus ya. Moms hanya perlu mengkonsumsinya dengan bijak.

Namun ternyata, ada juga lho makanan yang baik untuk dikonsumsi karena dapat membuat kita terhindar dari masalah keputihan.

Makanan yang Baik untuk Miss V

1. Pisang

1. Pisang

Selain kaya akan serat yang membuat Moms kenyang lebih lama, ternyata pisang baik lho untuk dikonsumsi untuk kesehatan Miss V. Justru beberapa dokter menyarankan untuk mengkonsumsi pisang setidaknya 2 buah per hari bagi wanita yang mengidap keputihan. Pisang memiliki kandungan gula yang alami sehingga bisa menjadi pengganti gula Telah Moms ketahui sendiri kalau pengidap keputihan sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi gula.

2. Sayuran Hijau

2. Sayuran Hijau

Tak usah diragukan lagi manfaatnya ya Moms. Sayuran hijau yanng kaya akan antioksidan karena kandungan klorofilnya yang tinggi memang sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh. Ternyata, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi untuk mencegah keputihan. Selain mampu menghilangkan jamur penyebab keputihan, sayuran hijau juga bisa menangkal radikal bebas secara alami bagi tubuh. Wah jangan sampai lupa memasukan sayuran hijau ke menu harian ya, Moms.

3. Yoghurt

3. Yoghurt

Tidak hanya untuk kesehatan pencernaan dan manfaatnya untuk kulit dan wajah. Ternyata yoghurt sangat baik lho untuk menghilangkan keputihan. Kandungan alami yang terdapat pada yoghurt mampu menghilangkan jamur di dalam tubuh, termasuk di dalam miss V, sehingga menjadikan miss V bersih dan bebas dari keputihan. Namun ingat, sebaiknya Moms memilih yoghurt yang plain/tawar karena untuk menghindari konsumsi gula yang berlebih.

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, Moms juga sudah seharusnya menjaga kebersihan miss V dengan baik. Usahakan untuk menjaga miss V dalam keadaan kering, karena jika kondisi sekitarnya lembab, bukan tidak mungkin jamur penyebab keputihan akan tumbuh.