Janin Usia 3 Bulan dalam Kandungan

Moms, Intip Tahap Perkembangan Janin 3 Bulan dalam Kandungan

Perkembangan janin 3 bulan dalam kandungan akan nampak pada organ tubuhnya. Janin 3 minggu sudah terlihat seperti tubuh bayi, hanya saja kepala belum proporsional dibandingkan dengan tubuh. Kemudian, anggota badan juga sudah terbentuk tetapi berukuran kecil. 

Janin 3 bulan sebesar apa sih? Hasil USG ukurannya baru sebesar jeruk nipis. Hmm masih kecil banget ya Moms. Tapi pada masa ini pula otak serta sistem sarafnya berkembang pesat.
Pada usia ini untuk Moms yang diawal kehamilan mengalami morning sickness seperti mual, muntah dan pusing, maka gejala itu akan berkurang. Sebiknya untuk Moms yang tidak mengalami morning sickness, biasanya gejala itu akan muncul diusia kandungan 3 bulan ini.

Nutrisi asam folat, zat besi, vitamin B6, serta karbohidrat saat baik untuk janin. Jadi mestipun mengalami morning sick pemberian nutrisi yang sangat diperlukan ya Mom. Jadi, harus tetap konsumsi makanan dan vitamin.

Posisi Janin 3 Bulan Dalam Kandungan

Moms, Intip Tahap Perkembangan Janin 3 Bulan dalam Kandungan

Posisi janin 3 bulan dalam kandungan masih terdapat pada rahim atau bawah perut. Meskipun demikian gerakan janin dalam kandungan 3 bulan seperti menedang sudah bisa dirasakan langsung lho Moms.

Pergerakan janin bisa dirasakan meski gerakannya masih sangat lembut sekali. Janin bergerak disebabkan beberapa syaraf dan otak mulai dapat difungsikan. 

baca juga

Perkembangan Janin Usia 3 Bulan Menuju 4 Bulan

Moms, Intip Tahap Perkembangan Janin 3 Bulan dalam Kandungan

Perkembangan janin 3 bulan menuju 4 bulan di awali pada minggu ke-13 ovarium atau testis telah berkembang. Organ kelamin luar juga telah terbentuk, tapi belum terdeteksi USG.Janin akan mengalami cegukan meskipun tidak dapat dirasakan. Ini bentuk latih bernapas. Janin mulai mengisap untuk persiapan mencari puting payudara setelah lahir.

Selanjutnya usia kandungan ke-14, janin saat itu beratnya 43 gram. Janin mulai menelan cairan ketuban yang kemudian masuk ke perut dan diproses oleh ginjal. Kemudian dialirkan kembali sebagai urine. Hati janin telah mulai memproduksi cairan empedu dan organ limpanya memproduksi sel darah merah. Rambut mulai tumbuh serta otot wajah bayi mulai memunculkan ekspresi seperti menyipitkan mata bahkan tersenyum.

Berikutnya, kehamilan minggu ke-15 janin berbobot 70 gram. Janin mulai mendengar suara. Meski matanya tertutup janin busa menjadi sensitif terhadap cahaya dari luar tubuh lho Moms. Pembuluh darah pada janin dapat terlihat. Telinganya berkembang seperti telinga orang dewasa. Janin akan sering cegukan, tapi tidak mengeluarkan suara karena tenggoroknya terisi cairan. Perkembangan usia kandaan.

Pada minggu ke-16 memasuki usia 4 bulan janin memiliki berat kurang lebih 100 gram. Otot pada wajah mulai terbentuk dan sistem saraf mulai berkembang, sehingga otot pada anggota tubuhnya dapat bergerak. Kepala janin mulai tegak dan matanya berada di posisi seharusnya. Organ jantungnya memompa darah sekitar 28 liter.

Pada tahapan trimester ke-2 kondisi janin jauh lebih kuat sehingga  Moms bisa memulai aktifitas ringan seperti dulu lagi atau juga bisa mengikuti senam ibu hamil agar janin dan calon ibu makin sehat.