Apa yang Terjadi Jika Ibu Menyusui Minum Kopi?

ASI merupakan makanan utama bagi bayi yang belum dapat mencerna makanan. Oleh karena itu, memperhatikan kandungan ASI yang diberikan sangat penting bagi Moms yang sedang menyusui. Bagaimana cara mengetahui ASI Moms mengandung banyak vitamin? Mudah saja Moms, Moms hanya perlu memperhatikan asupan yang Moms makan, karena apapun yang Moms makan akan mempengaruhi kualitas ASI yang Moms berikan pada si kecil.

Apa yang Terjadi Jika Ibu Menyusui Minum Kopi?

Ternyata mengkonsumsi kopi selama masa menyusui kurang baik untuk kelancaran produksi ASI dan kandunngannya. Pasalnya, Moms tidak dapat mengetahui dengan jelas berapa persen kafein yang terserap oleh ASI yang terminum oleh bayi. Kafein dapat mengurangi penyerapan zat besi yang akan mempengaruhi penyerapan dan produksi sel darah merah.

Terlebih tubuh bayi belum bisa memecah dan menyingkirkan kafein seperti orang dewasa, karena ginjal dan hatinya belum berkembang dengan sempurna. Akibatnya, kafein tersebut akan menumpuk di dalam tubuh bayi.

Apakah Benar Minum Kopi dapat Membuat Bayi Susah Tidur?

Apakah Benar Minum Kopi dapat Membuat Bayi Susah Tidur?

Ternyata memang ada kemungkinan hal itu terjadi kok, Moms. Karena semakin kecil usia bayi, semakin lama juga waktu yang diperlukan bayi untuk mencerna kafein. Bahkan untuk bayi di bawah 1 bulan, waktu yang dibutuhkan untuk mencerna kafein itu sekitar 4 hari lho, Moms. Karena hal ini lah, bayi dapat menjadi lebih rewel, gelisah sehingga menjadi sulit tidur. Namun ternyata, penyerapan kafein setiap wanita itu berbeda-beda Moms, sehingga Moms masih bisa mengkonsumsi kafein namun lebih baik simak bahasan selanjutnya ya, Moms.
baca juga

Tips Aman Ibu Menyusui Minum Kopi

Meskipun mengkonsumsi kopi selama masa menyusui terlihat membahayakan bagi bayi, ternyata kafein tidak selalu memberikan efek buruk kok Moms jika dikonsumsi secara bijak. Menurut penelitian, kafein digunakan sebagai terapi untuk bayi prematur. Sehingga beberapa ahli menyatakan ibu menyusui boleh kok mengkonsumsi kopi. Lantas bukan berarti Moms bisa mengkonsumsi kopi setiap hari ya Moms. Perhatikan jumlahnya juga ya Moms.

Tips Aman Ibu Menyusui Minum Kopi

Ini dia, tips aman mengkonsumsi kopi bagi ibu menyusui...

  • Kandungan kafein tidak lebih dari 200 mg per hari
  • Kopi biasa dapat diganti dengan kopi decaf atau non kafein
  • Mencari alternatif lain untuk menggantikan kafein dari kopi seperti kafein dari teh atau coklat.
Daripada mengambil risiko, sebaiknya dikurangi ya Moms. Meskipun sulit, tapi yakin deh memberikan ASI yang terbaik adalah kepuasan bagi Moms karena si kecil dapat tubuh dengan baik.