Keputihan merupakan sebuah kejadian yang alaminya normal terjadi saat sedang hamil. Keputihan saat hamil pun disebabkan oleh aliran darah saat hamil meningkat ke daerah kewanitaan, sehingga cairan yang keluar dari vagina pun ikut meningkat. Lantas keputihan saat hamil muda merupakan sesuatu yang normal dialami ibu hamil untuk membersihkan dinding vagina dan tidak perlu dikhawatirkan selama moms menjaga daerah vagina, dan membersihkannya dengan tepat.

Tetapi memang tidak semua keputihan saat hamil merupakan sesuatu yang normal, mungkin ada yang sampai mengalami infeksi. Maka dari itu moms harus kenali jenis-jenis keputihan saat hamil.

Jenis Keputihan Saat Hamil

Keputihan yang normal keluar dalam bentuk cairan jernih atau putih dan tidak berbau. Selain normal, keputihan pun ada yang abnormal, moms. Sementara itu keputihan abnormal akan berwarna hijau atau kekuningan, memiliki bau tak sedap, dan bagian vagina akan kemerahan dan merasa gatal.

Masih banyak jenis-jenis keputihan saat hamil, seperti:

baca juga

1. Keputihan berwarna kuning saat hamil

Jenis keputihan ini umumnya tidak wajar, bahkan bisa dikatakan sebagai tanda sebuah penyakit. Moms harus waspada jika keputihan berwarna kuning, terlebih jika mengalami gatal dan sakit seperti terbakar di area vagina. Moms harus segera memeriksakan diri ke dokter, karena juga bisa berdampak pada janin. Penyebab terjadinya keputihan berwarna kuning yakni karena infeksi klamidia yang merupakan infeksi dari penyakit seksual yang bisa menulur ke jabang bayi.
1. Keputihan berwarna kuning saat hamil

2. Keputihan berwarna kuning kehijauan saat hamil

Keputihan berwarna kuning kehijauan saat hamil juga bisa menjadi tanda keputihan abnormal. Jenis keputihan berwarna kuning kehijauan ini karena kurang bersih saat membersihkan area kewanitaan, memakai obat antibiotik yang berlebihan, penggunaan celana dalam yang terlalu ketat. Terlebih jika moms mengalami nyeri saat buang air kecil, perlu segera ditangani, ya. Pastikan juga moms area vagina selalu dalam keadaan tidak lembap.
2. Keputihan berwarna kuning kehijauan saat hamil
baca juga

3. Keputihan berwarna kuning saat hamil 5 bulan

Moms yang sedang hamil 5 bulan, atau hamil tua pun akan mengalami keputihan. Keputihan berwarna kuning di usia kehamilan menginjak 5 bulan juga tidak normal, moms. Hal tersebut bisa terjadi diawali dengan gejala trikomoniasis. Ketika sedang buang air kecil, moms akan merasa tak nyaman hingga gatal-gatal di daerah vagina.

Moms disarankan untuk tidak menggunakan pantyliner atau pembalut saat mengalami keputihan, ya.

3. Keputihan berwarna kuning saat hamil 5 bulan