Kondisi perut terasa panas saat hamil muda ini memang cukup mengganggu meski bisa dibilang sama sekali tidak membahayakan. Apa sih sebenarnya yang jadi penyebab heartburn ini?

Penyebab Perut Terasa Panas Saat Hamil Muda

Rasa panas yang ada dalam perut moms saat hamil muda ini disebabkan karena perubahan kondisi hormonal serta fisik dalam tubuh wanita. Saat hamil hormon progesteron cenderung naik sehingga menyebabkan otot-otot halus dalam rahim menjadi lebih rileks.

Para ahli medis juga percaya bahwa hormon progesteron ini juga membantu merilekskan katup/klep yang memisahkan tenggorokan moms dari area perut. Hal ini membuat asam lambung naik menuju tenggorokan sehingga menyebabkan sensasi seperti panas atau terbakar.

Hormon progesteron ini juga menyebabkan perlambatan kontraksi di perut dan mengganggu kerja pencernaan. Seiring bertumbuhnya janin dalam perut, maka ia akan tumbuh dan mendesak uterus menjadi lebih besar sehingga menambah tekanan pada perut yang membuat Ibu hamil merasa tidak nyaman. Selain itu, janin yang semakin membesar juga akan melambatkan kerja pencernaan serta memaksa asam lambung dari perut naik menuju tenggorokan.

Umumnya wanita mengalami heartburn di trimester kedua kehamilan. Hanya sebagian kecil wanita yang mengalami heartburn pada trimester pertama kehamilan. Moms nggak perlu cemas ya dengan kondisi ini karena begitu melahirkan nanti rasa panas ini juga akan hilang dengan sendirinya.

source: https://medicalnewstoday.com

Makanan Penyebab Perut Terasa Panas

Selama proses kehamilan untuk mencegah kondisi ini terjadi sebaiknya moms menghindari makanan yang memiliki rasa pedas, tinggi lemak, dan terlalu bervariasi dalam pengolahannya. Selain itu kurangi konsumsi coklat, alkohol, kopi, jus maupun buah-buahan jenis jeruk, dan sayur-sayuran yang mengandung asam tinggi seperti brokoli, kubis, bawang bombay, dll. Ini untuk menjaga agar lambung tidak memproduksi asam berlebih.

Cara Mengatasi Perut Panas Saat Hamil

Perbanyak minum air putih sebelum mengkonsumsi makanan karena dapat membantu mengurangi konsumsi gula, sodium, dan lemak.

Cobalah untuk konsumsi makanan dalam porsi kecil namun rutin dalam sehari. Ini bertujuan untuk mencegah terkumpulnya asam lambung dalam perut, pasalnya makanan dapat menetralkan asam lambung.

Pilihlah makanan dan minuman yang mudah dicerna oleh tubuh, seperti pisang, kentang rebus, telur, ikan serta yogurt.

Saat perut terasa panas coba deh moms konsumsi susu skimmed yang juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga nggak cuma baik untuk moms tapi juga janin.

Usahakan saat makan dan beberapa saat usai makan jaga postur tubuh tetap tegak, jangan buru-buru berbaring. Tunggu setidaknya selama satu jam sebelum memutuskan untuk rebahan di ranjang.