Berbicara tentang sajian spesial Tanah Pasundan memang tidak ada habisnya. Mulai dari doclang dari Bogor hingga surabi khas Ciamis. Meski tetap setia mempertahankan kualitas rasa, para penggiat kuliner di Jawa Barat berani melakukan beragam inovasi, demi mengikuti perkembangan zaman. Kira-kira, apa saja perubahan tren kuliner di Jawa Barat?

Kuliner Legendaris Khas Jawa Barat

Nah, sebelum beralih ke tren kuliner masa kini, tidak ada salahnya jika kita melakukan kilas baik ke masa lalu. Rupanya, ada banyak sekali lho, sajian khas Jawa Barat yang tetap menjadi favorit semua orang hingga lintas generasi. Yuk, telusuri daftarnya satu per satu!

Kuliner Legendaris Khas Jawa Barat
baca juga

Batagor Riri

Siapa yang bisa menolak kelezatan makanan yang satu ini? Jika Moms mencari batagor yang enak di Bandung, datanglah ke Batagor Riri yang terletak di Jalan Burangrang 21. Tidak tanggung-tanggung, kedai kuliner ini sudah berjualan sejak 1985, lho. Rasa gurih dalam racikan bumbu kacangnya, tidak perlu diragukan lagi. Satu buah batagor dibanderol dengan harga Rp13.500. Harga ini sepadan dengan renyahnya batagor serta gurihnya saus kacang yang Moms nikmati di setiap gigitan.

Batagor Riri

Geco Nusasari Pak Iding

Inilah makanan khas Cianjur yang paling sering diburu oleh penggila kuliner. Geco merupakan singkatan dari taoge dan tauco (kedelai hasil fermentasi). Dalam sepiring geco, Moms akan menikmati irisan tahu, taoge rebus, kentang, telur rebus, kentang, dan ketupat. Agar lebih lezat, jangan lupa menambahkan bumbu spesialnya yang terdiri dari campuran tauco, kecap manis, sambal cabe rawit, dan cuka lahang.

Bagi Moms yang sedang menghabiskan waktu bersama keluarga di Cianjur, silakan mampir ke Kedai Geco Nusasari Pak Iding di Jalan Siti Jenab (sebelah Bandoeng Optikal). Geco ini sudah berjualan sejak era 1970-an. Mendiang pakar kuliner ternama Indonesia, Bondan Winarno bahkan pernah berkunjung ke Cianjur untuk sekedar menyicipinya. 

Geco Nusasari Pak Iding
baca juga

Nasi Cikur Ny. Iyen

Berkunjung ke Tasikmalaya, rasanya tak lengkap jika tak mencicipi Nasi Cikur. Nasi goreng kencur muda khas Tasik ini disajikan dengan irisan telur dadar, sambal goreng kentang, orek tempe, tahu goreng, timun, dan kerupuk. Rekomendasi nasi cikur yang paling populer di Tasikmalaya, adalah Nasi Cikur Ny. Iyen. Kedai yang berlokasi di Kantin 43, pertigaan Jalan Panyerutan – Tentara Pelajar, Tasikmalaya ini sudah berjualan selama puluhan tahun.  

Rahasia yang membedakannya dengan nasi cikur lain, terletak pada pemilihan kencur muda yang masih bertunas dengan umbi berwarna putih. Jika Moms ingin membelinya sebagai menu sarapan, sebaiknya datang sebelum pukul 8 pagi, ya. Saking terkenalnya, Nasi cikur Ny. Iyen ini bisa ludes dalam waktu 2 jam saja!

Nasi Cikur Ny. Iyen

Empal Gentong Mang Darma

Beralih ke Garut, menu yang tidak boleh Moms lewatkan adalah Empal Gentong. Sekilas, makanan ini memang mirip dengan gulai daging. Bedanya, dalam semangkuk Empal Gentong juga ditambahkan aneka jeroan. Hidangan ini disajikan dengan lontong dan taburan bubuk cabai. Empal Gentong Mang Darma adalah salah satu yang Moms layak coba. Terkenal sejak tahun 1948, kedai yang berada di Jalan Slamet Riyadi No.1( Samping Bank BTN Krucuk, Kota Cirebon) ini tidak pernah sepi pengunjung. Resep, cara pengolahan, dan trik memasaknya tetap dipertahankan secara tradisional.

Empal Gentong Mang Darma

Kuliner Khas Jawa Barat yang Kekinian

Tidak bisa dipungkiri, pada era digital ini semua orang suka memajang foto makanan di media sosial. Pelaku dunia kuliner di Jawa Barat melihat ini sebagai peluang. Tak heran, kini banyak kita temui makanan jadul yang dikemas secara berbeda untuk menarik minat konsumen. 

Cireng Mozarella

Moms, kebayang enggak sih, enaknya cireng hangat dipadu dengan lumeran keju mozzarella? Ya, gorengan khas Jawa Barat ini tetap memiliki penggemar sejati. Bila umumnya cireng terbuat dari adonan tepung aci (sagu dalam bahasa Sunda) yang digoreng, kini cireng tampil lebih modern. Tidak sedikit penjual cireng yang menambahkan bakso, sosis, daging sapi, ayam, bahkan keju di dalamnya. Cara penyajiannya pun kian variatif. Moms bisa menyantap cireng dengan saus sambal, bumbu rujak, mayones, ataupun saus keju.

Cireng Mozarella

Cilok Goreng Crispy

Hampir serupa dengan cireng, jajanan jadul yang satu ini diolah dengan lebih kreatif dan berkelas. Tidak sedikit penjual cilok yang menambahkan telur puyuh, daging sapi, daging ayam, keju, bahkan ikan salmon suir sebagai isian untuk adonan cilok. Agar lebih mantap, cilok pun digoreng dalam balutan tepung panir. Tersedia saus jamur lada hitam, mayones, saus keju mozzarella, ataupun saus kacang sebagai pelengkapnya.

Cilok Goreng Crispy

Kue Cubit Unyu

Kue cubit dikenal sebagai jajanan sekolah di era 1990-an. Kue mungil yang diangkat dengan cara ‘dicubit’ ini, sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Awalnya, kue cubit hanya disajikan dengan taburan meses coklat. Tapi sekarang, kue cubit hadir dengan sejumlah pilihan warna dan rasa. Mulai dari original, green tea, coklat, hingga red velvet. Moms juga bisa memilih aneka topping seperti, taburan remah biskuit oreo, sereal, marshmallow, potongan wafer green tea, buah kering, hingga es krim.

Kue Cubit Unyu

Seblak, Makanan Pedas Favorit Khas Jawa Barat

Mengupas kuliner Jawa Barat, tentu kita tak bisa melewatkan seblak. Makanan pedas yang satu ini memang bikin nagih! Meski sudah dikenal sejak tahun 2000-an, popularitas seblak baru meluas selama 2 tahun terakhir. Seblak terbuat dari kerupuk serta diracik dengan bumbu kencur dan sambal cabe rawit. Masakan yang mirip dengan Kerupuk Godog asal Jawa Tengah ini, disajikan dengan kuah, telur kocok, bakso, sosis, macaroni, kwetiau, ati ampela, hingga ceker ayam.

Seblak, Makanan Pedas Favorit Khas Jawa Barat

Bakso Cuanki, Sajian Sedap dari Kota Bandung

Cuanki adalah bakso khas Jawa Barat yang sekilas mirip dengan bakso Malang. Bedanya, cuanki disajikan tanpa mie kuning. Menu pelengkap cuanki antara lain, bakso, tahu putih yang diisi adonan aci, siomay, pangsit goreng, dan bakso goreng. Dengan taburan daun bawang dan kuah kaldu hangat, membuat cuanki sangat pas disantap saat cuaca dingin.

Salah satu cuanki yang terkenal dari Bandung, adalah Cuanki Serayu. Kedai yang terletak di Jalan Serayu no. 2, Riau, Bandung ini menyajikan cuanki dalam porsi besar. Mampir ke sini, berarti Moms harus siap-siap mengantre.

Bakso Cuanki, Sajian Sedap dari Kota Bandung

Makanan Khas Jawa Barat yang sedang Ngehits, Bakso Aci

Lain bakso cuanki, lain pula bakso aci. Penganan berkuah ini berasal dari Garut. Secara umum, tekstur kenyal bakso aci yang terbuat dari tepung tapioka mengingatkan kita dengan cimol. Tapi, karena disajikan dengan kuah kaldu sapi, topping ceker ayam, tahu putih, dan sukro cikur (kencur), maka sensasi yang yang Moms nikmati tentu berbeda. Apalagi jika ditambah sambal cabe rawit dan perasan jeruk limau, cita rasa pedasnya kian menggugah selera. Kuliner ini mulai ramai menjadi perbincangan di media sosial ketika 2 pemuda asal Bandung merintis Bakso Aci Ganteng pada tahun 2016. Kini, banyak pengusaha kuliner yang seolah tak ingin ketinggalan untuk membuka gerai bakso aci.

Makanan Khas Jawa Barat yang sedang Ngehits, Bakso Aci

Jadi, tunggu apa lagi? Segera tentukan mana makanan khas Jawa Barat yang ingin Moms nikmati bersama keluarga hari ini!