Mengikuti proses perkembangan bayi memang menjadi momen yang tak terlupakan ya, moms. Bayi 2 bulan mulai menujunkkan perkembangannya, mulai dari fisik, penglihatan, pendengaran, kemampuan geraknya, dan lain-lain. Sebagai ibu pun kita harus belajar membantu tumbuh kembang bayi dengan memonitor setiap perkembangannya, serta menstimulasi perkembangannya selalu, agar bayi 2 bulan optimal menuju tahap perkembangan berikutnya.

Perkembangan Bayi 2 Bulan ke 3 Bulan

Perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan yakni bayi mulai terlihat ekspresif, bayi akan sering mengoceh panjang. Moms perlu merangsang perkembangan bayi dengan terus mengajaknya mengobrol karena itu akan mengoptimalkan kecerdasan IQ bayi, lho. Bayi juga mulai memperlihatkan akan kepekaannya mendengar sesuatu yang menarik perhatiannya, bahkan menunjukkan senyumnya. Moms perlu juga memberikan senyuman hangat untuk bayi, karena bisa jadi buah hati sedang menarik perhatian moms dengan mengoceh atau tersenyum.

Menuju usia 3 bulan, otot leher bayi juga makin kuat. Bayi mulai menegakkan kepalanya ketika sedang tengkurap atau digendong. Selain otot leher, otot bagian bawahnya juga makin kuat hingga bayi suka membuat gerakan tendangan dan meluruskan kakinya dalam keadaan terlentang atau tengkurap.

Perkembangan Bayi 2 Bulan ke 3 Bulan
baca juga

Cara Menengkurapkan Bayi 2 Bulan

Bayi 2 bulan yang sudah mulai bisa tengkurap juga perlu dikontrol, moms. Menengkurapkan bayi 2 bulan juga bisa melatih kemampuan motorik dan sensorisnya. Otot punggung dan bahu juga akan lurus, serta menghindari bentuk kepala datar atau peyang pada bayi.

Tengkurap dilakukan bayi 2 bulan ketika dia sedang melakukan aktivitas atau bermain, jadi jangan dilakukan saat bayi sedang ingin tidur karena posisi yang baik untuk bayi tidur yakni dengan terlentang. Jangan lupa menengkurapkan bayi ketika dia sedang lapar atau sehabis makan, moms, bisa-bisa bayi muntah.

Mulai menengkurapkan bayi dengan posisi yang nyaman dengan cara moms mentelentangkan tubuh lalu meletakkan bayi di atas perut moms dengan cara menengkurapkan bayi. Ya, dengan posisi perut bertemu perut ya moms. Tapi jika pertumbuhan bayi sudah makin besar, moms bisa terngkurapkan bayi di permukaan datar. Karena bayi sudah mulai banyak bergerak, moms harus selalu awasi langkahnya aman ya.

Saat bayi tengkurap, posisikan tangannya agar tidak tertindih dengan badannya sendiri karena itu bisa membuatnya tidak nyaman. Bayi juga bisa ditengkurapkan di atas pangkuan moms jika bayi sudah mulai tidak betah. Ubahlah posisi agar bayi merasa nyaman ya, moms.

Cara Menengkurapkan Bayi 2 Bulan

Contoh Mainan Stimulasi Bayi 2 Bulan

Mainan juga menjadi sarana penting untuk merangsang perkembangan bayi 2 bulan terutama baik bagi indera pendengaran dan penglihatannya. Tapi moms harus pandai memilih mainan yang pas dengan usia bayi 2 bulan, ya. Permainan yang moms pilih haruslah aman, menghasilkan suara yang tidak terlalu nyaring hingga mengganggu pendengaran bayi.

Moms juga bisa putarkan musik-musik yang lembut, tapi jangan kencangkan volumenya. Mainan yang digantung dan bergerak-gerak juga akan menstimulasi gerak penglihatan bayi, karena mainan yang digantung memiliki daya tarik sendiri. Selain mainan, moms juga bisa gunakan buku dengan full warna dan dekorasi yang unik. Moms bisa bacakan atau tunjukkan kepada bayi sambil berbaring di sampingnya.

Contoh Mainan Stimulasi Bayi 2 Bulan