Kenapa Telur Bagus untuk Menu MPASI Bayi?

Ini Moms Manfaat Telur Puyuh untuk Bayi, Cek Juga Resep MPASI 9 Bulannya

MPASI versi WHO diberikan kepada bayi mulai usia 180 hari atau pada usia 6 bulan. Dengan menyarankan standar kandungan nutrisi yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayur-sayuran lho Moms.

Telur menjadi salah satu MPASI yang boleh diberikan. Kenapa? Karena telur tergolong makanan baik dengan perbandingan lemak yang dikandungnya merupakan 1/3 lemak jenuh, 1/3 lemak jenuh tunggal dan 1/3 lemak jenuh ganda. Sebutir telur mengandung 70 kalori dan Hampir seluruh jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh ada dalam setiap butir telur lho Moms.

Walau begitu, untuk permulaan lebih baik berikan kuning telur saja ya Moms, agar tubuh si kecil beradaptasi dengan baik dan tidak memunculkan alergi.

MPASI Telur Puyuh untuk Nutrisi Bayi

Ini Moms Manfaat Telur Puyuh untuk Bayi, Cek Juga Resep MPASI 9 Bulannya

Olahan telur puyuh bisa menjadi pilihan MPASI lho Moms. Karena kandungan nutrisi telur puyuh untuk bayi saat banyak. Antara lain, mengandung kolin yang berperan penting di dalam tubuh, terutama untuk perkembangan fungsi otak. Komponen asetilkolin berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf. Asupan kolin yang cukup dapat membantu kerja saraf pada otak. 

Telur puyuh juga kaya mineral dan vitamin B1 yang baik bagi perkembangan awal anak. Kandungan potasiumnya baik untuk pertumbuhan anak. Selain itu telur puyuh adalah sumber protein paling baik dibandingkan telur lain. Kandungan protein ovomucoid yang berguna untuk mencegah timbulnya alergi pada anak. 

Dengan kandungan nutrisinya manfaat telur puyuh untuk bayi saat banyak. Misalnya, untuk memperkuat daya ingat anak. Selain itu, membantu anak untuk meningkatkan pertumbuhan tulang, gigi dan kuku yang sehat. Telur puyuh juga dapat menyehatkan mata, melawan gangguan pencernaan, meningkatkan imun tubuh dan lain sebagainya.

baca juga

Resep MPASI 9 Bulan Sederhana untuk Buah Hati

Ini Moms Manfaat Telur Puyuh untuk Bayi, Cek Juga Resep MPASI 9 Bulannya

Pada MPASI 9 bulan telur puyuh dapat diolah dengan berbagai varian menu yang menyehatkan dan tentunya nikmat untuk si kecil. Resep MPASI 9 bulan sederhana bisa jadi pilihan untuk Moms yang baru memulai membuat olahan pendamping asi. Salah satunya, resep MPASI nasi tim telur puyuh.
 
Bahan-bahan :

  • 5 butir telur puyuh
  • air kaldu ayam
  • Sedikit daun bayam
  • 1 buah wortel
  • daun seledri secukupnya
  • 2 sendok makan beras putih atau merah
  • Garam secukupnya

 Cara membuatnya, pertama rebus telur puyuh hingga matang. Kupas dan bersihkan, potong kecil-kecil telur puyuh. Kemudian kupas wortel dan parut sampai halus. Lalu iris halus bayam, dan seledri. Selanjutnya campurkan nasi, wortel, seledri dan air kaldu ayam serta garam. Aduk hingga rata.

Lalu siapkan wadah tahan panas, masukkan setengah bagian nasi, beri irisan telur kemudian masukan seluruh sisa nasi pada wadah hingga hampir penuh lalu ratakan. Kukus selama kurang lebih 30 menit jika sudah matang angkat lalu dinginkan. Nasi tim telur puyuh yang lezat siap disajikan Moms. Ingat ya Moms memberikan MPASI dengan nutrisi yang tepat membantu tumbuh kembang buah hati. Selamat mencoba.