Kopi hijau kini tengah populer sebagai salah satu menu untuk diet. Kopi hijau sendiri berasal dari biji kopi yang belum dipanggang sehingga kadar asam klorogenat lebih tinggi dibanding dengan kopi biasa yang dipanggang. Kandungan asam klorogenat yang banyak pada kopi hijau dipercaya mampu membakar lemak jahat di dalam tubuh, serta kandungan antioksidan polifenol bisa dijadikan sebagai detoks tubuh dari racun dan lemak. Manfaat kopi hijau untuk diet lainnya mampu menekan nafsu makan jika sering dikonsumsi.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Sementara manfaat kopi hijau untuk kesehatan yakni seperti menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengontrol gula darah. Kopi hijau juga bermanfaat mengatasi kelebihan kolestrol. Jika kopi hijau diolah dengan proses roasting, kandungan asam chlorogent pada kopi hijau tidak akan hilang dan asam chlorogent bagus untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, metabolsime tubuh pun tetap terjaga.

Selain itu kopi hijau baik bagi kesehatan kulit agar tetap lembap dan terhidrasi, karena kopi hijau mengandung asam rahidic, asam oleat dan asam linoleat. Kandungan kafein pada kopi hijau bermanfaat untuk meningkatkan mood positif dan kerja otak agar lebih tanggap dan produktif.

Insulin merupakan tempat gula yang diubah dalam bentuk energi tubuh. Sewaktu-waktu insulin bisa saja mengalami kerusakan karena asupan makanan dan gula yang berlebih. Jika moms mengonsumsi kopi hijau secara rutin, insulin yang mengalami kerusakan akan kembali pulih, dan menjaga agar insulin tetap bekerja secara optimal.

Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan
baca juga

Efek Samping Kopi Hijau

Meskipun memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, kopi hijau juga bisa memberikan efek samping. Karena kopi hijau mengandung kafein, efek sampingnya kamu bisa mengalami insomnia sehingga kamu kurang istirahat dan menyebabkan kelelahan.

Kafein juga bisa membuat detak jantung berpacu lebih cepat jauh dari kata normal. Selain itu kopi hijau bisa menyebabkan asam lambung.

Efek Samping Kopi Hijau

Tips Mengonsumsi Kopi Hijau

Pastikan kopi hitam tidak dikonsumsi oleh anak kecil dan ibu hamil. Jika kamu menjadikan kopi hijau menu diet, kemudian mengalami efek samping dari kopi hijau, disarankan untuk berhenti mengonsumsi kopi hijau dan ganti dengan menu diet lain yang lebih cocok dengan tubuhmu.

Kamu juga tidak boleh mengonsumsi kopi hijau secara bersamaan dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung kafein. Sebaiknya kopi hijau tidak dikonsumsi oleh penderita asam lambung dan penderita glaukoma yang merupakan penyakit mata.

Sebaiknya konsumsi kopi hijau pada siang atau sore hari, jangan dikonsumsi pada malam hari, apalagi jika kamu menderita insomnia akut. Minumlah kopi hijau secukupnya ya, jangan berlebihan.

Tips Mengonsumsi Kopi Hijau