Atresia ani merupakan kelainan kongenital yang dikenal sebagai anus imperforate meliputi anus, rektum atau keduanya. Pada kondisi ini, perkembangan janin mengalami gangguan sehingga bentuk rektum (bagian akhir usus besar) sampai lubang anus umumnya tidak sempurna atau tertutup.

Atresia ani ini bisa diketahui saat bayi lahir, dimana dokter memeriksa seluruh kelengkapan organ seperti, perut, alat kelamin, panca indera, dan juga lubang anus. Nah, kelainan pada anus atau atresia ani bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Selain itu, ada pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi kelainan genetik seperti atresia ani. Lalu, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini moms.
 

source: http://www.brecorder.com




Faktor Penyebab Atresia Ani 
 

  1. Penyebab kelainan atresia ani ini bisa jadi dikarenakan putusnya saluran pencernaan dari atas dengan daerah dubur sehingga bayi lahir tanpa lubang dubur.
  2. Selain itu, kegagalan pertumbuhan saat bayi dalam kandungan berusia 12 mingguatau tiga bulan bisa jadi salah satu penyebanya, Moms.
  3. Berhentinya perkembangan embriologik didaerah usus yang terjadi antara minggu keempat sampai keenam usia kehamilan.
  4. Selain itu faktor penyebab lainnya adalah kelainan sistem pencernaan, kemih dan juga tulang belakang.

 
source: https://www.thebump.com
baca juga




Pengobatan yang Tepat Untuk Atresia Ani

Cara pengobatan yang paling tepat untuk bayi yang menderita atresia ani adalah dengan operasi pembentukan lubang anus guna membentuk saluran pembuangan untuk kotoran. Pasca operasi dilakukan tentunya Moms harus menjaga dan memperhatikan betul nutrisi yang diberikan kepada sang buah hati terutama terhadap organ pencernaan.
 

source: http://www.dustjacketreview.com