Roti Mantau

Roti mantau adalah makanan khas Tionghoa yang beradaptasi sehingga menjadi makanan khas Balikpapan. Roti mantau hanya Roti biasa yang terbuat dari tepung terigu dan kemudian diolah sedemikian rupa sehinga menciptakan tekstur rasa yang lembut. Kuliner dari Balikpapan ini biasa disandingkan dengan sapi lada hitam, unik sekali tentu rasanya Moms.

Moms yang berlibur ke Balikpapan tidak boleh melewatkan roti mantau ini tersedia di Pondok Mantau. Pondok Mantau berlokasi di Jl. Jend. A Yani No.28. Harganya pun tidak terlalu mahal berkisar antara Rp30.000 sampai dengan Rp40.000. 

Roti Mantau

Peyek Kepiting

Peyek Kepiting khas Balikpapan ini merupakan makanan wajib yang dibawa pulang ketika jalan-jalan ke Balikpapan. Rasanya enak dan harganya murah, terdapat 3 varian rasa antara lain original, pedas, dan lada hitam. Harganya pun tidak mahal berkisar diantara Rp16.000 sampai dengan Rp23.000. Lokasinya pun terbilang mudah dicari, karena ada dibeberapa outlet salah satunya berada di l. Sukarno Hatta Strat 2, No.30.
Peyek Kepiting
baca juga

Amplang Kuku Macan

Nama yang unik sekaligus membuat penasaran. Amplang kuku macan juga termasuk oleh-oleh wajib yang Moms bawa pulang saat berkunjung ke kota Balikpapan. Asal mula disebut kuku macan karena bentuknya yang menyerupai kuku macan. Ukurannya juga tidak terlalu besar, sehingga sekali suap saja akan masuk ke dalam mulut. Amplang kuku macan berbahan dasar ikang tenggiri. Makanan ini tersebar luas di toko oleh-oleh jadi Moms tidak perlu susah-susah mencari amplang kuku macan ini. Harganya juga murah berkisar sekitar Rp15.000 sampai dengan Rp20.000.
Amplang Kuku Macan

Bakpia

Bakpia khas Balikpapan tentunya berbeda dengan bakpia khas kota Yogyakarta. Perbedaannya adalah pada ukurannya, bakpia khas Balikpapan memiliki ukuran yang lebih besar. Kulit bakpia khas Balikpapan juga biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu manis karena cenderung gurih. Rasanya juga variatif ada cokelat, kacang hijau, dan juga keju.

Hal menarik dari bakpia khas Balikpapan ini adalah kulit luar bakpia didominasi dengan rasa yang sedikit asin dan gurih namun, rasa manis baru akan terasa jika Moms menggigit bagian dalam bakpianya. Sama halnya dengan amplang kuku macan, bakpia khas Balikpapan dapat ditemukan di toko oleh-oleh dengan kisaran harga Rp30.000 sampai dengan Rp40.000.
Bakpia
baca juga

Onde Ubi Ungu

Makanan ini merupakan makanan khas kota Balikpapan. Rasanya yang tebal tentunya semakin enak untuk disantap dan dibawa pulang, Moms. Onde ubi ungu ini disarankan makan selagi dingin sehingga jadi tidak alot juga. Harganya sekitar Rp4.000 sampai dengan Rp5.000 untuk 1 buah onde. Onde ubi ungu ini dapat Moms temukan di Rumah Kue Brownies Jalan Jenderal Sudirman.

Onde Ubi Ungu