Apa Itu Perut Kembung?

Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa lebih sesak daripada biasanya. Seringkali kondisi ini bersamaan dengan sering bersendawa atau bahkan sering kentut seperti ingin mengeluarkan gas dari perut. Disamping itu perut juga terlihat membesar. Biasanya perut kembung akan membaik dengan sendirinya. 

Apa Itu Perut Kembung?

Beberapa penyakit mengindikasikan perut kembung sebagai salah satu tanda suatu penyakit tertentu. Apalagi jika perut kembung tersebut disertai dengan diare, sesak di dada, demam tinggi, perubahan warna atau frekuensi BAB dan sebagainya. Maka moms harus segera konsultasikan diri ke dokter.

Apa Saja Penyebab Perut Kembung?

Perut kembung umumnya merupakan dampak dari banyaknya gas atau udara di dalam perut. Makan terlalu cepat, sering mengunyah permen karet, mengonsumsi minuman bersoda merupakan beberapa penyebab yang mengakibatkan banyaknya gas atau udara di dalam perut. 

Apa Saja Penyebab Perut Kembung?

Adapun beberapa penyebab perut kembung yang sering diabaikan adalah:

  • Makan berlebihan
  • Makan terlalu cepat dengan porsi yang banyak
  • Makan makanan yang mengandung lemak
  • Stres dan gelisah
  • Merokok
baca juga

Makanan Penyebab Perut Kembung

Salah satu penyebab terjadinya perut kembung adalah makanan. Makanan yang tidak sepenuhnya bisa diterima oleh lambung dapat mengakibatkan perut kembung. Maka moms, jika memiliki perut yang sensitif maka moms harus lebih selektif dalam memilih makanan ya. Berikut beberapa makanan yang menyebabkan perut kembung:

  • Sayuran. Tidak semua sayur dapat diterima oleh lambung seperti sayur kol, gubis, dan brokoli. Jenis sayuran ini mengandung zat yang sulit untuk dicerna dan memerlukan fermentasi dalam usus. Meski begitu, sayuran tersebut memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Maka jika moms masih ingin memasaknya, moms bisa mengukus dulu sebelum memasaknya. 
  • Kacang polong. Kacang memiliki manfaat baik bagi orang yang diet. Karena kacang memiliki kemampuan untuk memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Tapi jangan terlalu sering untuk mengkonsumsinya. Karena kacang polong juga sulit untuk dicerna dalam perut. Maka mulailah untuk mengurangi konsumsi kacang jenis ini agar terhindar dari perut kembung.
Makanan Penyebab Perut Kembung
  • Permen karet. Permen karet ternyata juga bisa menjadi penyebab perut kembung moms. Karena ketika mngunyah, banyak sekali udara yang turut masuk ke dalam mulut kemudian lanjut ke tubuh. Selain itu kandungan gula alkohol dalam permen karet juga memicu perut kembung. Karena gula alkohol sulit dicerna oleh perut. 
  • Makanan yang mengandung banyak lemak. Makanan jenis ini selain sebagai oenyebab kolesterol jahat, ternyata juga berdampak pada perut kembung moms.  Maka jangan coba-coba mengkonsumsinya dalam jumlah banyak jika tidak ingin perut kembung.

Minuman Penyebab Perut Kembung

Selain makanan, perut kembung juga bisa disebabkan oleh minuman lho moms. Beberapa minuman di bawah ini dapat memicu terjadinya perut kembung. 

  • Kopi. Kandungan pada kopi akan mendorong pergerakan dari kolon, dan menariknya, efek kopi terhadap kolon sebanding dengan efek makanan 1000 kalori. Kopi akan menstimulasi pelepasan gastrin dan sekresi asam lambung, serta memperparah gejala masalah usus, seperti gastritis, iritasi usus, colitis, dan penyakit Crohn. Nah, jika moms merasakan perut kembung setelah minum kopi, maka bisajadi kopi adalah penyebabnya. Maka mulailah untuk meminimalisir menikmati kopi kesukaan kamu.
  • Minuman berkarbonasi. Minuman berkarbonasi yang kita ketahui menghasilkan gelembung sejak sebelum diminum. Nah yernyata ia sangat berpengaruh dalm kondisi perut kita lho moms. Gelembung tersebut adalah gas yang sangat memungkinkan untuk terjebak dalam perut yang mengakibatkan perut kembung. 
Minuman Penyebab Perut Kembung
  • Minuman beralkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan serta berkelanjutan dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satunya adalah menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung alami dari lambung sehingga menyebabkan gastritis atau peradangan. Kondisi ini akan semakin parah apabila alkohol dicampur dengan minuman soda berkarbonasi.
  • Susu. Susu sangat baik untuk tubuh, tetapi susu juga dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini disebabkan karena susu mengandung laktosa. Tidak semua orang akan mengalami perut kembung setelah minum susu. Biasanya yang mengalami hal tersebut adalah orang-orang yang memiliki masalah dengan laktosa atau alergi dengan laktosa, sehingga ketika terjadi proses pencernaan pada laktosa, gas yang diproduksi akan berlebih.
baca juga

Cara Mengatasi Perut Kembung

Beberapa cara alami mengatasi perut kembung sebagai berikut:

  • Jeruk nipis, jahe, dan madu. Pengobatan alami ini ternyata ampuh meredakan perut kembung. Caranya pun mudah. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata. Lalu segera minum selagi hangat.
  • Ketumbar dan susu. Cara kedua adalah dengan menghaluskan 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya. Campur bubuk ketumbar dalam segelas susu hangat, minum lalu berbaring sebentar sampai kondisi tubuh menjadi terasa lebih baik.
Cara Mengatasi Perut Kembung
  • Kompres air hangat. Cara yang paling mudah selanjutnya adalah mengompres perut dengan air hangat. Bila tidak memiliki kompres air dari karet, moms bisa menggunakan botol kaca kemudoan dibalut dengan kain atau sapu tangan sebelum ditempel di perut.