1. Mantau

1. Mantau

Moms pasti sudah tidak asing lagi dengan roti bakpau. Namun apakah Moms sudah pernah mencicipi mantau? Jika Moms sedang berlibur ke Balikpapan, wajib banget nih Moms untuk menyantap roti mantau kuliner khas Balikpapan. Biasanya, roti mantau disajikan polos atau berisikan sapi lada hitam atau sapi kungpaw. Tentunya rasa roti mantau ini sangat nikmat dan lezat. Namun tak perlu khawatir, Moms bisa membeli roti mantau di e-commerce yang ada di Indonesia.

2. Abon Kepiting

2. Abon Kepiting

Apa sih yang terlintas dipikiran Moms ketika mendengan kata abon? Pasti langsung membayangkan kenikmatan abon sapi atau ayam dicampur dengan nasi panas. Ternyata, di Balikpapan, Moms akan menemukan abon yang berbeda dari yang Moms kenal, yaitu abon kepiting. Kepiting dijadikan abon? Ya, unik bukan. Balikpapan terkenal dengan kekayaan hasil laut berupa kepiting, tak heran jika masyarakat sana memanfaatkan kepiting sebagai abon. Rasanya gurih namun tidak bau amis. Penasaran untuk coba enggak, Moms?

baca juga

3. Bingka Kentang

3. Bingka Kentang

Keunikan dari bingka kentang adalah dari bahannya. Selain menggunakan tepung, bingka ini menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Cara memasaknya pun cukup dibakar di atas api arang/api kompor. Tak hanya menggiurkan, bingka kentang ini sangat lembut dan tentunya bikin ketagihan. Jangan lupa coba ya, Moms.

4. Pisang Gapit

4. Pisang Gapit

Makanan olahan dari pisang ini tidak ada habisnya ya, Moms. Jika Moms mampir ke Balikpapan, tak ada salahnya untuk mencoba pisang gapit yang merupakan salah satu makanan khas Balikpapan. Seperti namanya, pisang gapit ini dibuat dengan cara dijepit sampai pipih kemudian disiram dengan saus yang berbahan dasar gula merah. Kini, pisang gapit tampil dengan lebih modern, ada variasi pisang gapit keju yang akan cocok untuk lidah anak-anak kekinian. Semakin menggiurkan ya, Moms.

baca juga

5. Bubur Gunting

5. Bubur Gunting

Namanya yang unik memang bikin penasaran ya, Moms. Bubur gunting ini bukan bubur dari gunting ya, Moms. Serem banget dong. Bubur gunting ini terbuat dari sagu yang digunting kecil-kecil kemudian dimasak dengan kuah kolak. Panganan yang manis dan kenyal-kenyal dari sagu gunting pasti akan membuat Moms ketagihan. Cocok banget nih untuk dijadikan menu berbuka puasa. Jadi pengen main ke Balikpapan ya, Moms.