Saat musim hujan atau di malam hari, paling nyaman menghangatkan diri dengan minuman hangat. Bagi orang Indonesia, minuman hangat untuk malam hari biasanya mengandung rempah-rempah dan rimpang dengan rasa yang kuat. Jahe, misalnya.

Ya, jahe merupakan jenis rimpang yang tak lagi asing ada di dapur . Rasa pedas dan sedapnya jahe memang unik, bisa menyulap masakan jadi lebih aromatik dan segar. Begitu pula saat dicampurkan dalam minuman. Rasanya jadi pedas karena kandungan minyak atsirinya, menimbulkan rasa hangat di dada.

Ada banyak jenis jahe yang dijual di pasar di Indonesia. Salah satu yang populer adalah jahe gajah.

Apa Sih Jahe Gajah Itu?


Merujuk pada namanya, jahe gajah adalah jahe yang punya ukuran yang lebih besar ketimbang jenis jahe-jahean lainnya. Bahkan ukurannya bisa mencapai setelapak tangan orang dewasa. Jahe gajah juga kerap kali disebut sebagai jahe badak. Jenis jahe ini tidak terlalu pedas namun tetap memberikan rasa yang hangat dan aroma yang kuat. 

Jenis jahe gajah mudah dibudidayakan, bahkan di halaman rumah sendiri. Dalam 1 kg bibit jahe bisa menghasilkan 25 kg jahe gajah dalam periode masa tanam sekitar 7-8 bulan.

Biasanya, jahe gajah harga jualnya cukup baik, Moms. Sekitar Rp 5.000 - Rp 6.000 per kilogram. Menguntungkan bukan jika Moms berencana budidaya jahe gajah sebagai bisnis?

Apa Sih Jahe Gajah Itu?


 

baca juga

Jahe Gajah Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan


Bukan hanya rasa dan aromanya yang enak, tanaman bernama latin Zingiber officinal Rosc. ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Mulai dari pereda nyeri, anti kanker, anti peradangan, gangguan pernafasan bahkan dapat menghilangkan selulit karena meningkatkan produksi kolagen tubuh.

Jahe Gajah Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan
source: https://bigislandnow.com


 

Jahe Gajah Putih


Jika Moms membeli jahe gajah Malang, ada dua jenis warna jahe yang ada di pasaran. Satunya berwarna putih, satunya berwarna kuning. Sebetulnya keduanya sama saja, Moms. Tidak ada rasa yang berbeda.

Perbedaan warna jahe gajah putih dengan kuning ini dipengaruhi oleh unsur hara yang terkandung dalam tanah tempat menanam jahe gajah. 
 

Jahe Gajah Putih

Membahas soal jahe, jadi kepengen bikin wedang jahe hangat dengan suguhan pisang goreng sebagai pendampingnya. Kalau Moms, paling suka mengolah jahe jadi kuliner apa?