Untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, Moms perlu memvariasikan menu makanan yang berbeda setiap harinya. Variasi menu bukan berarti harus mahal lho, Moms. Banyak bahan-bahan makanan di sekitar kita yang harganya terjangkau dan memenuhi standar gizi yang baik, khususnya untuk anak-anak. 

Salah satu menu yang enak disajikan untuk sekeluarga adalah ikan bawal putih. Yap, ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan ini mudah sekali dibudidayakan di Indonesia, bahkan bisa dibudidayakan di kolam rumahan.

Ikan bawal putih harganya pun tak begitu mahal kok, Moms. Sekitar Rp 50.000 per kilogramnya di pasar-pasar tradisional. Dengan ikan bawal putih, Moms bisa menyajikan berbagai resep berikut ini:
 

Ikan bawal putih untuk bayi


Bayi yang baru menjajaki MPASI perlu diperkenalkan berbagai variasi makanan, termasuk ikan-ikanan untuk menambah gizi dan memberikan pengalaman makan yang berbeda.

Ikan bawal putih mengandung asam omega 3 dan omega 6 yang dipercaya dapat mencerdaskan otak bayi. Selain itu kaya akan mineral dan fosfor untuk memperkuat tulang dan gigi bayi.

Sajikan fillet ikan bawal putih yang sudah dipastikan bebas dari duri. Bumbui dengan sedikit olive oil dan panggang. Agar anak mudah memakannya, bisa dihaluskan atau dijadikan abon. Rasanya gurih dan lezat.

Ikan bawal putih untuk bayi
baca juga

Ikan bawal putih goreng


Dengan dagingnya yang lembut, ikan bawal putih sudah enak dikonsumsi tanpa perlu banyak bumbu. Digoreng saja dan disantap dengan sambal, rasanya, hmmm ... dijamin bikin tambah nasi terus, Moms.

Bahan:    
500 gr ikan bawal putih, bersihkan
1-2 sdm air jeruk nipis
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Setelah ikan dibersihkan, lumuri dengan air jeruk nipis, garam, kunyit bubuk dan ketumbar bubuk. Diamkan sekitar 30 menit.
  2. Panaskan minyak, goreng ikan dalam minyak yang banyak. Tunggu hingga kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
  3. Tak perlu banyak membolak-balik ikan agar tidak hancur.
  4. Siap disajikan.
Ikan bawal putih goreng


 

Ikan bawal putih mengandung kolesterol


Bagi orang dewasa, makan ikan-ikanan memang tak bisa sembarangan. Banyak ikan yang mengandung kolesterol tinggi yang justru membahayakan kesehatan. Namun ikan bawal tergolong aman dikonsumsi kok, Moms. Kandungan kolesterolnya sekitar 120 mg sehingga dapat dimakan sesekali dengan porsi sewajarnya.

baca juga

Ikan bawal putih laut


Selain ikan bawal putih air tawar yang biasa dibudidayakan, ada pula jenis ikan bawal yang populer di masyarakat, yaitu ikan bawal putih laut. 

 

Ikan bawal putih laut

Perbedaan mencolok antara ikan bawal air tawar dengan ikan bawal air laut adalah sirip punggung bawal laut lebih banyak dan terletak agak ke belakang. 

Meskipun begitu keduanya sama-sama lezat dikonsumsi, Moms. Bagaimana, tertarik menyajikan ikan bawal untuk sajian keluarga?