Kabarnya jeruk nipis dan kecap memiliki khasiat untuk membuat suara bagus, moms. Kesegaran air jeruk nipis tidak hanya untuk dijadikan penambah sedap makanan berkuah seperti sop atau soto, moms. Jeruk nipis bisa dijadikan minuman yang menyegarkan sekaligus jeruk nipis memiliki kandungan minyak astiri yang baik untuk menetralkan otot pernapasan.

Jeruk nipis yang memiliki rasa asam berlebih, jika dicampur dengan kecap akan membuat kadar keasaman pada jeruk nipis berkurang. Lalu apa benar larutan jeruk nipis dan kecap memiliki manfaat yang ampuh untuk tenggorokkan bahkan membuat suara makin bagus?
Simak yuk penjelasannya.

Jeruk Nipis dan Kecap untuk Batuk

Jeruk nipis sebenarnya tidak memiliki kandungan yang berfungsi untuk menyembuhkan batuk, tapi sangat baik dikonsumsi untuk menghilangkan gatal atau serak pada tenggorokkan akibat virus. Kecap pun juga tidak memiliki kandungan untuk menyembuhkan tubuh, apalagi masalah batuk. Penggunaan kecap yang dicampur pada jeruk nipis hanya berfungsi untuk mengurangi kadar keasaman pada jeruk nipis.

Jadi, jeruk nipis dan kecap sangat aman dikonsumsi orang yang sedang mengalami batuk karena bahan yang digunakan alami. Namun, jika batuk tidak kunjung reda, dianjurkan untuk meminta resep obat dari dokter, ya. Dan harus mengurangi makanan yang mengandung minyak berlebih seperti goreng-gorengan.  

Jeruk Nipis dan Kecap untuk Batuk
baca juga

Jeruk Nipis dan Kecap untuk Suara Bagus

Sebagian orang ingin memiliki suara bagus, terlebih bagi orang yang bercita-cita sebagai penyanyi. Suara yang bagus adalah modal utama. Selain tidak memakan gorengan atau memakan makanan yang membuat tenggorokkan tipis, ada ramuan yang ampuh untuk membuat suara kamu makin prima dan enak didengar. Ya, minumlah larutan jeruk nipis dan kecap setiap hari dan rasakan perubahan yang positif dari suaramu.  

Jeruk Nipis dan Kecap untuk Suara Bagus

Cara Mengonsumsi Jeruk Nipis dan Kecap

Mungkin untuk anak kecil akan merasa aneh jika mengonsumsi jeruk nipis dan kecap. Moms juga bisa mengurangi jumlah kecapnya agar rasa manis dari kecap tidak terlalu dominan. Dan juga moms bisa mengurangi kadar jeruk nipis agar tidak terlalu asam. Berikut cara membuat larutan jeruk nipis dan kecap.

  1. Rebus air mineral sekitar 1 gelas sedang hingga mendidih.
  2. Peras setengah jeruk nipis.
  3. Siapkan satu sendok kecap.
  4. Campur air yang sudah mendidih dengan jeruk nipis dan kecap.
  5. Tunggu air panas hingga suhunya mereda atau berubah hangat, hingga larutan jeruk nipis dan kecap siap diminum.  

Jika si kecil yang sedang batuk masih tidak suka dengan larutan tersebut, moms bisa mengganti kecap dengan madu.

Cara Mengonsumsi Jeruk Nipis dan Kecap