Tayangan-tayangan mendidik sangat membantu mengajarkan kepada anak-anak tentang nilai kehidupan. Nah, berikut ini 5 rekomendasi  film anak yang layak tonton dan sarat akan pesan moral yang bisa jadi pilihan. Apa saja? Simak baik-baik di sini ya.

Untuk Rena​​​​​​​
source : https://imdb.com

Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini menceritakan tentang Rena yang diperankan oleh Maudy Ayunda sangat senang dengan kehidupannya bersama adik-adik yang sangat ia sayangi di panti asuhan. Rena sering membuat ulah saat ada calon orang tua yang ingin mengadopsi mereka.

​​​​​​​Film ini sangat sederhana, namun menyiratkan nilai kebersamaan yang begitu tinggi. Film ini mengangkat nilai-nilai kebersamaan, perasaan kehilangan hingga keinginan untuk saling memaafkan. Meski film ini diproduksi tahun 2005, namun film ini bisa jadi salah satu referensi film yang bisa Moms tonton bersama si kecil. 


 

Kulari Ke Pantai

 

Source : https://imdb.com

Film yang tayang pada tahun 2018 ini diproduksi oleh Miles dan disutradarai oleh Riri Riza. Film ini memperlihatkan kekayaan dan keindahan budaya Indonesia melalui perjalanan yang dilewati oleh tiga karakternya yaitu Sam yang diperankan oleh Maisha Kanna, Happy yang diperankan oleh Lil'li Latisha, dan Uci yang diperankan oleh Marsha Timothy dari Jakarta hingga Banyuwangi. 

Kulari ke Pantai mengisahkan tentang ibu-anak Uci dan Sam yang menyusun rencana liburan dari Jakarta ke Banyuwangi dengan perjalanan darat demi menemui peselancar idola Sam. Film ini akan mengajarkan dan mengenalkan kepada anak betapa kayanya kebudayaan Indonesia itu.

Pesan moral yang bisa diambil dari film ini adalah kita tidak boleh menilai orang lain yang berbeda dari kita itu sombong dan menyebalkan. Justru kita harus memberi kesempatan kepada diri sendiri untuk mengenali orang lain lebih dekat.

 
baca juga

Hafalan Shalat Delisa

 

Source : https://imdb.com

Film ini menceritakan sebuah bencana besar yang terjadi di Aceh. Dalam film ini dikisahkan pada 26 Desember 2004, Delisa yang diperankan oleh Chantiq Schagerl sedang bersiap-siap untuk ujian praktek shalat, namun tiba-tiba tejadi gempa besar yang tak lama kemudian disusul Tsunami yang luar bisa dahsyatnya.

Delisa berhasil diselamatkan Prajurit Smith, setelah berhari-hari pingsan di cadas bukit. Sayangnya luka parah membuat kaki kanan Delisa harus diamputasi. Penderitaan Delisa menarik iba banyak orang.

Film ini sangat menyentuh, di mana sebuah kesedihan menjadi kekuatan yang memberikan energi positif bagi orang-orang yang sedang terpuruk. Nilai kemanusian yang diusung membuat film ini sangat layak dijadikan salah satu tonton keluarga di akhir pekan. 

 

Koki-Koki Cilik

 

source :https://imdb.com

Film Koki-Koki Cilik adalah salah satu film anak-anak yang menyita perhatian di tahun 2018 lalu. Film anak-anak ini sampai ditayangkan ulang di layar lebar lho. Bercerita tentang anak-anak yang memiliki mimpi mengikuti cooking camp. Mereka menginginkan untuk meraih gelar koki cilik lewat kerja keras.

Koki-Koki Cilik merupakan film anak Indonesia pertama yang bertema memasak. Film garapan sutradara Ifa Isfansyah ini akan menginspirasi si kecil untuk gemar memasak dan menjadi chief cilik.

​​​
 
baca juga

Keluarga Cemara

 

source : https://id.bookmyshow.com


Rekomendasi film terakhir adalah film Keluarga Cemara yang tayang di awal tahun ini. Keluarga Cemara diadaptasi dari cerita bersambung yang dimuat di majalah Hai dan kemudian menjadi novel berseri karya Arswendo Atmowiloto dan dibuat sinetron dengan judul yang sama. 

Keluarga Cemara bercerita tentang keluarga yang terdiri dari Abah, Emak, Euis, Ara, dan Agil. Akan ada banyak pelajaran dan nilai-nilai positif yang diperoleh usai menyaksikan film Keluarga Cemara seperti kesederhaan, kejujuran, kerjasama dan tolong menolong.

Selain itu film ini juga akan mengajarkan si kecil belajar untuk tidak gengsi dan belajar menerima dan bersyukur. Keluarga Cemara bisa menjadi salah satu pilihan film anak yang sangat layak ditonton karena banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini. 

 

Nah, itulah Moms beberapa rekomendasi film anak yang kaya akan pesan moral dan layak untuk ditonton. Bagaimana Moms mau pilih yang mana? Semoga bermanfaat ya Moms .