Ketuban merupakan cairan yang berfungsi melindungi janin selama di dalam kandungan. Saat waktu melahirkan tiba, ketuban akan pecah dan keluar melalui vagina. Namun, jika ketuban pecah saat usia kehamilan masih jauh dari waktu melahirkan, maka hal tersebut bisa berbahaya bagi janin dan bayi bisa lahir secara prematur lho. Inilah yang dinamakan ketuban pecah dini (pre-labor rupture of membrane (PROM).  Buat Moms yang sedang mengandung, yuk ketahui penyebab ketuban pecah dini terlebih dahulu agar bisa mencegahnya!



1. Infeksi 

Penyebab ketuban pecah dini salah satunya adalah infeksi rahim dan leher rahim pada ibu hamil. Karena infeksi ini, selaput ketuban perlahan-lahan akan menjadi tipis dan kemudian pecah sebelum waktu melahirkan tiba.
 

Hati-Hati Moms, Ini Penyebab Utama Ketuban Pecah Dini!
source: http://philippines.liketimes.me/


 

2. Bakteri 

Kemunculan bakteri dalam rahim sangat mungkin terjadi pada ibu hamil. Bakteri ini menyebabkan infeksi pada selaput ketuban sehingga ketuban mudah pecah jika terguncang. 

 

Hati-Hati Moms, Ini Penyebab Utama Ketuban Pecah Dini!
source: http://simphealth.com
baca juga

3.  Terlalu Lelah

Melakukan aktivitas yang terlalu berat dan melelahkan juga dapat menyebabkan ketuban pecah dini. Sebaiknya, Moms mengurangi dulu sementara segala kegiatan yang menguras tenaga terlalu banyak. 
 

Hati-Hati Moms, Ini Penyebab Utama Ketuban Pecah Dini!
source: http://lovingthepregnantyou.com/


 

4. Stress dan Asap Rokok

Stress dan asap rokok dapat menyebabkan ketuban kamu bermasalah ketika masa kehamilan, Moms. Selain itu, keadaan psikologi yang baik juga sangat berpengaruh untuk kesehatan janin dan pertumbuhannya. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kondisi psikologimu dan hindari asap rokok ya selama masa kehamilan untuk menjaga kesehatan ketuban.
 

Hati-Hati Moms, Ini Penyebab Utama Ketuban Pecah Dini!
source: https://assets.babycenter.com/