Pengertian Tipes


Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratypho. Biasanya bakteri ini berdiam di dalam air atau makanan. Penyakit tipes dapat menular dengan cepat melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri dari air kotor atau tangan yang tidak dicuci bersih. Jadi penyakit ini sangat berhubungan dengan kebersihan lingkungan ya, Moms.

Tidak hanya orang dewasa, tipes pada anak dan tipes pada bayi justru lebih sering terjadi. Kenapa? Karena anak kecil memiliki kebiasaan memasukkan barang apapun ke dalam mulutnya. Nah, jika daya tahan tubuh anak Moms sedang lemah, itu artinya kesempatan virus itu masuk akan sangat besar.
 

Gejala Tipes Pada Anak


Moms harus mengenali gejala tipes pada bayi agar Moms dapat segera memberikan pertolongan jika mendapati gejala tipes pada bayi 1 tahun terjadi pada anak Moms. Apa saja gejala yang ditimbulkan?

  • Demam Tinggi, biasanya tipes ditandai dengan demam tinggi. Anak akan mengalami demam hingga mencapai suhu 39-40 derajat Celcius. Demam tinggi ini biasanya berlangsung hingga 7 hari, jika mendapati ciri-ciri ini segera bawa anak Moms ke dokter, ya.
  • Napsu Makan Menurun, berkurangnya napsu makan juga bisa menjadi tanda bahwa anak Moms terkena tipes. Napsu makan yang menurun ini disebabkan oleh peradangan yang tentu membuat anak merasa tidak nyaman pada perutnya, mulut terasa pahit, serta mual dan muntah.
  • Tepi Lidah Memutih, selain mengalami gejala yang sudah disebutkan tadi, coba Moms perhatikan warna lidah si kecil. Jika anak Moms terkena tipes maka Moms akan melihat perubahan warna pada tepi lidah si kecil. Moms akan melihat pinggiran lidah si kecil berwarna merah, dan bagian tengah berwarna putih pucat.
Gejala Tipes Pada Anak
source: http://kintakun-collection.co.id/
  • Nyeri Tubuh, anak yang terkena tipes akan merasa nyeri pada otot atau badan terasa pegal. Sehingga tubuhnya terasa sakit saat digerakkan. Jadi anak Moms akan lebih suka berbaring dari pada bermain.
  • Gangguan Pencernaan, penyebab penyakit tipes adalah karena makanan yang terkontaminasi bakteri, maka jika anak Moms terkena penyakit ini maka akan muncul diare yang disebabkan oleh infeksi usus.
baca juga

Pengobatan Tipes Pada Anak


Jika anak Moms terkena tipes, Moms jangan panik, ya. Segera lakukan pertolongan pertama pada anak. Ada 2 macam bentuk pengobatan yang bisa dilakukan, yaitu pengobatan secara medis dan pengobatan di rumah.

  • Pengobatan Medis, biasanya langkah awal pengobatan medis adalah dokter akan memberikan obat antibiotik yang harus dihabiskan selama 1 - 2 minggu. Namun jika gejala tipes belum memberikan tanda-tanda sembuh atau bahkan lebih parah, maka  si kecil harus menjalani rawat inap di rumah sakit dengan pemberian nutrisi dan obat melalui infus.
Pengobatan Tipes Pada Anak
source: https://obat.promo/
  • Pengobatan Di Rumah, selain pengobatan medis, penyembuhan penyakit tipes bisa dilanjutkan di rumah yaitu dengan memberikan air putih, jus buah, dan air kelapa untuk menjaga agar tubuh tidak dehidrasi. Moms juga harus memperhatikan asupan makanan si kecil dan biarkan si kecil istirahat lebih banyak.

Nah Moms, jadi jangan panik ya. Segera lakukan langkah cepat untuk mengobati si kecil jika ada tanda-tanda si kecil terkena tipes.