Kasus bully pada anak terus meningkat setiap tahunnya. Tak hanya di luar negeri, tapi di Indonesia pun juga kerap terjadi. Bahkan, para pelaku bully yang terbilang masih kecil dengan bangganya merekam aksinya itu hingga beredar di internet, dan kondisi tersebut tentu saja meresahkan para orangtua.

Bagaimana tidak, para anak yang menjadi korban bully akan mengalami trauma dan tekanan mental yang sangat tinggi atau mengalami gangguan kesehatan mental. Biasanya anak yang menjadi korban bully akan memiliki rasa percaya diri yang rendah, kesepian hingga depresi. Bahkan, ada beberapa kasus dimana para anak korban bully melukai dirinya sendiri. Duh!
 

Waspada Moms! Ternyata Ini Lho Dampak Buruk Bully Pada Anak
source: http://www.socialmoms.com



Lalu, apa saja dampak buruk bully pada anak? Yuk, simak di bawah ini ladies:

1. Anak Mengalami Ketakutan dan Kebencian

Dampak buruk bully pada anak yang pertama adalah anak akan selalu merasa ketakutan dan dipenuhi dengan rasa kebencian pada setiap orang, termasuk pada orangtua. Perlakuan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh teman-temannya menimbulkan rasa trauma.

Kondisi tersebut tentu saja dapat mengganggu ikatan cinta antara orangtua dan sang buah hati. Selain dibawa ke ahli psikologi untuk menghilangkan rasa traumanya, moms beserta anggota keluarga lainnya juga disarankan untuk tanpa henti memberikan rasa cinta dan kenyamanan pada Si Kecil.
 

Waspada Moms! Ternyata Ini Lho Dampak Buruk Bully Pada Anak
source: http://www.kompas.com
baca juga



2. Anak Menjadi Penyendiri

Anak yang menjadi korban bully dan tidak mendapatkan perawatan segera akan berdampak buruk pada mentalnya, salah satunya adalah bisa menjadi seorang penyendiri atau introvert.

Rasa sakit dan kebencian yang ia alami akan membuatnya menjadi anak yang pemarah. Lalu apabila moms menegur Si Kecil yang tidak membereskan mainannya, maka anak korban bully akan merasa bahwa ia juga di-bully di rumah yang bisa menyebabkan dirinya menjadi penyendiri dan bahkan merasa takut dengan orang di rumah, termasuk orangtuanya.

 

Waspada Moms! Ternyata Ini Lho Dampak Buruk Bully Pada Anak
source: http://psikologan.blogspot.co.id



3. Anak Lebih Sering Mengalami Sakit

Tak hanya kesehatan mentalnya saja yang terganggu, tetapi anak korban bully juga akan lebih sering mengalami sakit. Mengapa? Pasalnya, bully pada anak membuatnya menjadi penyendiri dan memiliki semangat untuk bermain atau belajar.

Padahal, usia anak-anak disarankan agar ia sering bermain untuk perkembangannya. Anak yang menyendiri dan memiliki rasa ketakutan akan mengalami depresi yang berujung pada terganggunya kesehatan fisiknya seperti sering sakit kepala, sakit perut dan mengalami ketegangan otot.
 

Waspada Moms! Ternyata Ini Lho Dampak Buruk Bully Pada Anak
source: https://hellosehat.com