Ikan gabus
Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar, ikan ini memiliki nama ilmiah Channa striata yang memiliki bentuk fisik cukup besar saat dewasa, ikan gabus dapat tumbuh hingga mencapai 1 m panjangnya. Ikan gabus ini memiliki kepala besar mirip kepala ular, gabus termasuk jenis ikan predator dan sering kita jumpai di sungai yang memiliki arus tenang atau pun di rawa-rawa.

Kadar albumin dalam ikan gabus
Salah satu penelitian mengungkapkan kandungan albumin pada ikan gabus sangat tinggi yaitu 62,24 g/kg. Selain itu jika diprosentase, kandungan ikan gabus adalah:
Protein = 79,5 %
Albumin = 30,5 %
Mineral = 5,95 %
Kadar Air = 2,84 % 

Segudang Manfaat Ikan Gabus & Cara Mengolahnya untuk Menu Si Kecil
source: https://m.suara.com/health/2017/11/21/161102/manfaat-menakjubkan-protein-ikan-gabus-untuk-ibu-hamil

Kandungan protein ikan gabus lebih tinggi daripada bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti telur, daging ayam, maupun daging sapi, termasuk jenis ikan yang ada. Nilai cerna protein ikan gabus juga sangat baik, yaitu mencapai lebih dari 90 persen.

Keunggulan protein ikan gabus lainnya adalah kaya akan albumin, jenis protein terbanyak (60 persen) di dalam plasma darah manusia. Peran utama albumin di dalam tubuh sangat penting, yaitu membantu pembentukan jaringan sel baru. Tanpa albumin, sel-sel di dalam tubuh akan sulit melakukan regenerasi, sehingga cepat mati dan tidak berkembang.

Manfaat ikan gabus pada bayi

  • Membantu tumbuh kembang si kecil

Sebuah penelitian menunjukkan balita yang mengonsumsi ikan gabus secara teratur mempunyai kadar albumin jauh berlimpah tinggi dan mengalami peningkatan berat badan dan kadar hemoglobin darah secara nyata.

Zat Albumin begitu dibutuhkan bayi untuk perkembangan otaknya, terutama untuk balita yang berada dalam fase emas pertumbuhan (golden age). Untuk itu, memberikan asupan ikan gabus sanggup membantu mencegah masalah anak yang kurang cerdas.

  • Memperbaiki gizi buruk

Jika di daerah Moms terdapat anak-anak yang mengalami gizi buruk, Moms bisa memberinya ikan gabus. Karena dalam 100 gr ikan gabus saja sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

Segudang Manfaat Ikan Gabus & Cara Mengolahnya untuk Menu Si Kecil
source: https://www.stayyounghealthy.com/mango-help-sinus-infection/
  • Meningkatkan imunitas si kecil

Orangtua mana yang tak resah bila anaknya kerap sakit-sakitan. Anak-anak memang rentan terhadap kuman, virus dan bakteri dalam tubuhnya. Untuk itu, Moms bisa rutin memberikan ikan gabus pada si kecil sebagai perisai tubuhnya dalam menghadapi perubahan cuaca ataupun virus & bakteri.

  • Baik untuk pencernaan

Ikan gabus memiliki protein yang tidak kalah dengan daging sapi, namun keunggulan ikan gabus adalah mudah dicerna. Sehingga pencernaan si kecil tidak perlu bekerja terlalu keras yang dapat membuat fungsinya terganggu.

baca juga

Manfaat ikan gabus untuk tulang
Selain dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada si kecil, karena kandungan protein, kalsium, albumin yang tinggi, ikan gabus juga ternyata dapat membantu proses penyembuhan patah tulang, lho Moms!

Proses penyembuhan patah tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi yang seimbang dan mengandung karbohidrat, protein, lemak dan mineral yang cukup untuk membangun kembali jaringan yang rusak, dimana kandungan zat gizi ini semua terdapat dalam ikan gabus.

Segudang Manfaat Ikan Gabus & Cara Mengolahnya untuk Menu Si Kecil
source: http://healtheq.co.za/blog/

Daging ikan gabus sangat rendah kolagen menjadikan lebih mudah dicerna bayi, kelompok lanjut usia, dan juga orang yang baru sembuh dari sakit. Bayi memerlukan asupan protein tinggi, tetapi belum memiliki saluran pencernaan yang sempurna. Namun sayangnya banyak anak yang tidak mau makan ikan karena baunya yang amis dan rasanya yang tidak seenak ayam/sapi. Moms tak perlu khawatir, dengan pengolahan yang tepat ikan gabus ini bisa juga kok jadi makanan yang disukai si kecil. Bagaimana caranya? Kita simak yuk!

Resep ikan gabus untuk si kecil
Bola-bola ikan gabus

Segudang Manfaat Ikan Gabus & Cara Mengolahnya untuk Menu Si Kecil
source: https://cookpad.com/id/resep/5787013-bola-bola-ikan-gabus-menu-balita

Bahan-bahan:

  1. 100 gr ikan gabus giling
  2. 1/2 bagian tahu sutra (kalo disini bilangnya tahu cina)
  3. 3 sdm sagu
  4. 1/2 bagian wortel, iris dadu tipis-tipis
  5. 1 batang daun bawang, iris tipis
  6. 1/2 sdt garam
  7. 2 siung bawang putih ukuran sedang
  8. Sedikit lada (bila suka)
  9. Kaldu bubuk (bila suka)
  10. 500 ml air untuk merebus

Cara membuat:

  • Blender tahu dengan bawang putih.
  • Masukkan adonan tahu dalam mangkuk.
  • Tambahkan ikan gabus giling, sagu, wortel, daun bawang, daun bawang dan bumbu. Aduk rata.
  • Bentuk bola-bola kecil dengan bantuan 2 buah sendok teh.
  • Panaskan air dengan sedikit minyak agar bola-bola tidak lengket. Setelah air mendidih masukkan bola-bola. Tunggu hingga bola-bola mengapung.
  • Biarkan sekitar 3 menit baru diangkat dan tiriskan.
  • Sampai pada step ini, bola-bola sudah bisa dikonsumsi.
  • Jika ingin digoreng, gorenglah bola-bola dengan menggunakan wajan anti lengket. Sajikan.
baca juga

Nugget ikan gabus

Segudang Manfaat Ikan Gabus & Cara Mengolahnya untuk Menu Si Kecil
source: http://www.dapurkobe.co.id/nugget-ikan

Bahan-bahan:

  1. 250 gr ikan gabus giling
  2. 1 buah wortel (parut/haluskan)
  3. 1 sdm bawang merah halus
  4. 1 sdt bawang putih halus
  5. 4 sdm SKM
  6. 3 sdm tepung terigu
  7. 1 sdm tepung panir
  8. 2 butir telur

Cara membuat:

  • Campur ikan, bawang putih & merah, wortel. Aduk rata, menyusul SKM, aduk rata, lalu teoung terigu terigu, aduk rata dan terakhir 1 butir telur, aduk rata.
  • Tuang adonan ke loyang / wadah anti lengket, hentakkan, kukus sampai matang. Tusuk untuk mengetest, bila bekas tusukan bersih artinya nugget sudah masak, matikan api, masukkan freezer.
  • Setelah 1 jam keluarkan nugget dan potong potong.
  • Pecahkan telur yg tersisa di mangkuk, di mangkuk lain tuang 1 sdm tepung panir, celupkan tiap potongan nugget ke telur dan lalu ke tepung panir dan goreng kekuningan di minyak panas api kecil.
  • Setelah matang, bisa dimakan untuk cemilan si kecil, atau untuk teman makan nasi nya.
Bagaimana Moms mudah bukan membuatnya Moms? Selamat mencoba ya!