Maanfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Memiliki segudang manfaat, jeruk nipis dapat digunakan sebagai pereda batuk disertai flu dan radang tenggorokan bahkan amandel dan nyeri menstruasi serta mengurangi berbagai resiko penyakit seperti jantung, darah tinggi dan kanker. Bukan hanya berkhasiat untuk kesehatan saja, jeruk nipis juga mempunyai beragam manfaat untuk kecantikan yang mungkin Moms belum ketahui.

Kandungan vitamin C dan flavonoid pada jeruk nipis yang dapat memperkuat kolagen, membuatnya sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Ini nih Moms beberapa manfaat jeruk nipis untuk kecantikan, diantaranya untuk wajah dan rambut.

  • Mencerahkan wajah secara alami
  • Menghilangkan dan mengobati jerawat
  • Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah
  • Mengencangkan kulit
  • Mengatasi gejala penuaan dini
  • Mengatasi pori-pori besar
  • Mengatasi warna kulit gelap akibat paparan sinar matahari
  • Mengangkat sel-sel kulit mati
  • Membersihkan wajah dari kotoran bakteri
  • Membersihkan komedo
  • Membantu pertumbuhan rambut
  • Menghilangkan ketombe
  • Melembabkan rambut
  • Menebalkan alis dan bulu mata

Cara membuat dan menggunakan masker jeruk nipis yang benar yaitu peras jeruk nipis dan oleskan air perasannya pada bagian-bagian wajah yang dikehendaki. Karena masker jeruk nipis cenderung cair dan tidak seperti masker lainnya yang mungkin akan langsung menempel di wajah, Moms dapat mengaplikasikan masker jeruk nipis menggunakan kapas ke wajah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

Untuk menggandakan manfaat dari masker jeruk nipis, Moms bisa mengkombinasikannya dengan paduan berbagai bahan alami lainnya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, gula, bayam, madu, putih telur, garam dan minyak esensial yang menghasilkan manfaat lebih dari penggunaan masker jeruk nipis. Perlu diketahui bahwa selama penggunaan masker jeruk nipis Moms sebaiknya menghindari paparan sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu

Mengandung sumber vitamin C alami, pengonsumsian perasaan air jeruk nipis yang mengandung flavonoid dan antioksidan secara rutin dapat meningkatkan imunitas dan membuat tubuh tetap bugar, Moms. Kalau jeruk nipis dicampur dengan madu apa ya manfaatnya? Paduan dari jeruk nipis dan madu juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan, mengobati tenggorokan, mengobati batu ginjal, membuat kulit lebih sehat dan terhindar dari jerawat dengan dibuat masker dan melancarkan buang air kecil.

Cara mengonsumsi jeruk nipis dan madu yang benar campurkan perasan air jeruk nipis dengan air hangat, kemudian tambahkan madu sebagai pemanisnya dan jangan diberi tambahan gula lagi karena dapat mengurangi manfaatnya. Konsumsi jeruk nipis dan madu setiap hari terutama pagi hari untuk merasakan perbedaanya pada tubuh dan mendapatkan manfaat yang berlimpah. Untuk melancarkan buang air kecil, Moms dapat mengganti air hangat dengan sari mentimun kemudian tambahkan jeruk nipis dan madu. 

baca juga

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Jeruk nipis mampu memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat mempertahankan berat badan ideal. Bukan hanya melancarkan metabolisme tubuh saja, untuk Moms yang sedang diet, jeruk nipis juga bisa membantu menurunkan berat badan karena dapat memperlancar metabolisme lemak sehingga membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Tentunya diiringi dengan olahraga dan pola makan seimbang ya, Moms.

Manfaat diet jeruk nipis bagi kesehatan antara lain meningkatkan sistem pencernaan, menunda rasa lapar dan mengoptimalkan pembakaran lemak. Sebelum memulai diet jeruk nipis, pastikan dulu lambung Moms dalam keadaan sehat. Dengan keasaman jeruk nipis yang terbilang cukup tinggi, jangan sampai Moms merasakan nyeri dan sakit pada perut.

Selain itu, lakukan diet jeruk nipis dengan terjadwal. Cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar untuk diet, sebaiknya cukup 3 gelas air jeruk nipis hangat saja per hari. Satu gelas di pagi hari, siang hari dan malam hari menjelang tidur serta lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal, Moms. Untuk mengatasi rasanya yang asam Moms bisa menambahkan madu atau jahe pada jeruk nipis hangat sekaligus untuk mendapatkan manfaat ganda.

Kemudian pilihlah jeruk nipis yang sudah matang karena kandungan dan nutrisinya akan lebih lengkap dan seimbang dibandingkan jeruk nipis yang masih muda. Sehingga jeruk nipis matang jauh lebih efektif untuk meluruhkan lemak di dalam tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Maag

Memangnya bisa orang yang punya sakit maag mengonsumsi jeruk nipis? Kan rasanya asam? Sebagian orang mungkin akan berpikir hal yang sama pada cara kerja jeruk nipis untuk mengatasi sakit maag, karena zat asam pada jeruk nipis akan memicu peningkatan produksi asam lambung. Padahal Moms, meskipun jeruk nipis memiliki rasa yang asam, ketika masuk ke dalam lambung zat asamnya akan menjadi alkali dan membantu menyeimbangkan dan menetralkan asam yang ada di dalam lambung.

Tidak hanya sampai di situ Moms, zat antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membentuk perlindungan yang berfungsi melindungi jaringan tubuh yang rusak termasuk kerusakan pada dinding lambung. Untuk itu, orang yang mempunyai sakit maag sebetulnya tidak perlu menghindari pengonsumsian jeruk nipis.

Cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar untuk maag yaitu peras jeruk nipis, campurkan dengan air hangat dan beri tambahan madu atau sedikit gula untuk menetralisir rasa asam. Air jeruk nipis hangat ini dapat diminum setiap pagi setelah bangun tidur dan dapat dikonsumsi sebelum memakan apapun atau saat perut kosong.

Penggunaan jeruk nipis untuk pemulihan maag juga memerlukan proses dan tergantung pada tingkat maag yang diderita. Selain mengonsumsi jeruk nipis, penderita maag juga perlu mengatur pola makan yang dapat memicu kambuhnya penyakit maag, Moms.