Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Tak heran, jeruk nipis sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, wajah hingga untuk diet. Ternyata, dibandingkan dengan jeruk lainnya, jeruk nipis merupakan jeruk yang paling kaya akan vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Karena hal ini lah, jeruk nipis sangat baik bagi wajah. Selain bisa dikonsumsi, jeruk nipis juga bisa dijadikan tambahan untuk masker wajah. Memang apa saja sih manfaat jeruk nipis untuk wajah?

  1. Mencerahkan wajah, zat asam yang terdapat dalam jeruk nipis dapat mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.
  2. Mengencangkan kulit, vitamin C sangat baik unutk menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit.
  3. Menghilangkan dan mengobati jerawat, kandungan asam yang tinggi dapat menghancurkan lemak-lemak dan membunuh bakteri jerawat.
baca juga

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Jeruk nipis sangat baik untuk Moms yang sedang berdiet. Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Jadi, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi jeruk nipis dalam menu diet Moms ya.

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu

Manfaat Jeruk Nipis dan Madu

Selain untuk wajah dan diet, jeruk nipis juga sangat baik untuk menjaga kesehatan lainnya. Cukup konsumsi seduhan jeruk nipis dan madu setiap hari, maka Moms akan mendapatkan manfaat lainnya seperti

  1. Meningkatkan sistem imun
  2. Menyeimbangkan pH
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Menyehatkan ginjal
  5. Mencegah kanker

Meskipun jeruk nipis memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan, ternyata jeruk nipis juga memiliki efek samping lho Moms jika dikonsumsi secara berlebihan.

baca juga

Efek Samping Jeruk Nipis

Efek Samping Jeruk Nipis

Ini dia Moms, beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan jika mengkonsumsi jeruk nipis berlebihan.

  1. GERD, juga dikenal sebagai gastroesphageal reflux disoder adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi otot antara kerongkongan dan lambung. GERD dipicu oleh makanan pedas atau asam, dan air jeruk nipis dapat mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga memperburuk GERD. Gejala-gejala GERD termasuk mual, nyeri ulu hati, dan muntah.
  2. Kerusakan gigi, air jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat tinggi yang bisa menyebabkan pengikisan email gigi.
  3. Tukak lambung, luka yang sangat menyakitkan yang ditemukan di lapisan lambung atau usus kecil. Asam sitrat dalam jeruk nipis berisiko menyebabkan tukak lambung sekaligus dapat mengiritasi lapisan lambung. Gejala tukak lambung termasuk rasa sakit yang luar biasa di dalam perut, kembung, muntah dan penurunan berat badan yang tak terduga.
  4. Hemochromatosis, gangguan yang menonaktifkan tubuh dari penyerapan zat besi. Konsumsi vitamin C yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah zat besi yang Moms serap dari makanan. Tapi sisi negatifnya, juga menghalangi tubuh menyerap zat besi dan menghasilkan penumpukan besi di dalam tubuh. Gejalanya termasuk kelelahan, kelemahan, nyeri sendi dan gagal jantung.
  5. Mempengaruhi ginjal, meskipun air jeruk nipis membantu mengobati batu ginjal dan baik untuk ginjal, orang yang menderita penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi air jeruk nipis karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jeruk nipis mengandung kadar kalium tinggi yang buruk bagi mereka yang menderita penyakit ginjal. Gejalanya termasuk irama jantung yang tidak normal, kelemahan dan detak jantung yang lambat.