Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Baby Bouncer

Moms, jangan asal pilih baby bouncer murah lantas langsung tergiur karena bagaimana pun keamanan si kecil adalah yang terutama. Sebelum membeli sebuah baby bouncer ada baiknya moms harus memeriksa beberapa hal seperti berikut ini.

  1. Pastikan tempat duduk baby bouncer dilapisi dengan bahan yang empuk, dapat diatur kemiringannya, tidak mudah tergelincir, dan nyaman untuk bayi
  2. Pastikan baby bouncer yang dipilih memiliki penyangga yang kokoh, tidak gampang bergeser ketika digunakan ataupun di mode goyang atau getar, dan stabil
  3. Pastikan baby bouncer memiliki alas yang lebih lebar dari pada bagian atasnya
  4. Yang terpenting baby bouncer harus memiliki tiga hingga lima titik kunci yaitu di bagian pinggang, diantara selangkangan, atau bahu untuk mencegah bayi terjatuh dari baby bouncer
  5. Agar si kecil tidak bosan, moms dapat memilih baby bouncer yang dilengkapi dengan mainan untuk merangsang motorik si kecil
Moms, umumnya bayi dapat menggunakan baby bouncer ketika bulan pertama kelahiran hingga usia 6 bulan atau berat 12 kg. Jika si kecil sudah dapat berguling atau merangkak jangan gunakan baby bouncer untuk menghindari beberapa kecelakaan seperti baby bouncer terguling bersama bayi. Pastikan ketika si kecil menggunakan baby bouncer selalu berada di dalam pengawasan orang tua.
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Baby Bouncer
source: https://id.pinterest.com

Bouncer Bayi Otomatis

Baby Bouncer elektrik merupakan inovasi untuk membuat praktis orang tua karena bouncer ini dapat bergoyang atau bergetar secara otomatis menggunakan daya listrik atau baterai. Moms, rupanya sekarang bouncer elektrik di desain tak hanya memberikan getaran biasa tetapi juga dapat bergerak nyaman seperti gendongan seorang lho!

Namun kelemahan baby bouncer elektrik yang menggunakan listrik tidak dapat dipindah-pindahkan dan hanya dapat dipasang sejauh jangkauan kabel. Harganya baby bouncer elektrik lebih mahal ketimbang baby bouncer manual karena lebih modern dan praktis.

Bouncer Bayi Otomatis
source: https://id.pinterest.com
baca juga

Perbedaan Bouncer dan Rocker

Moms, pernah dengan baby rocker? Lantas apa bedanya antara baby bouncer dengan baby rocker? Keduanya terlihat sama-sama memudahkan dan membuat praktis tapi sebenarnya memiliki beberapa kegunaan dan bentuk yang berbeda lho! Berikut beberapa ulasan mengenai perbedaan keduanya.

Baby bouncer adalah kursi serbaguna yang dirancang khusus untuk bayi bermain. Adapun baby bouncer dirancang secara khusus dan aman sehingga memudahkan para mommy untuk melakukan aktivitas lainnya seperti memasak, menyetrika, dan lainnya. Beberapa baby bouncer biasanya dilengkapi dengan mainan dan fitur untuk bergetar agar si kecil merasa nyaman.

Baby rocker adalah tempat yang tepat untuk moms meletakkan bayi agar tertidur. Sebuah penelitian mengatakan bahwa gerakan baby rocker yang lembut mengingatkan bayi ketika dia berada di dalam kandungan ibunya. Gerakan goyangan pada baby rocker dapat menenangkan bayi dan membantu bayi yang gelisah ketika tidur.

WEELER by COCOLATTE Bouncer CL 6719 Soothing Vibration - Pink

Perbedaan Bouncer dan Rocker
source: https://www.jd.id

JOIE Dreamer Rocker - In The Rain

JOIE Dreamer Rocker - In The Rain
source: https://www.jd.id
baca juga

Bahaya Menggunakan Baby Bouncer

Moms keberadaan baby bouncer sebagai tempat bermain si kecil akan menyenangkan dan membuat kita praktis, namun apakah menggunakan baby bouncer aman-aman saja? Bentuk badan bayi yang masih dalam tahap membangun kekuatan fisik, otot leher, kepala yang besar, dan belum proposional terkadang dapat menempatkan mereka dalam bahaya lho!

Maka dari itu sangat penting bagi orang tua untuk tidak meninggalkan bayinya di dalam bouncer tanpa pengawasan. Berikut ini beberapa bahaya yang dapat terjadi pada si kecil ketika menggunakan baby bouncer yang perlu moms ketahui.

  1. Gangguan pernafasan, hal ini dapat terjadi apabila posisi bayi di dalam bouncer dagunya terlalu dekat dengan dadanya.
  2. Terjadi Head syndrome atau positional plagiocephaly, hal ini dapat terjadi karena tulang-tulang kepala bayi masih muda, lunak, dan dapat dibentuk, sehingga tidak baik bagi bayi terbaring di posisi yang sama berulang kali untuk jangka waktu yang lama.
  3. Terlalu lama bayi berada di dalam baby bouncer menyebabkan potensi  keterlambatan anak untuk berguling, merangkak, atau berjalan.
  4. Terkadang goyangan yang cukup besar pada baby bouncer menyebabkan bahaya pada si kecil seperti terjatuhnya bayi bersama baby bouncer dan sebagainya
Bahaya Menggunakan Baby Bouncer
source: https://id.pinterest.com

Rekomendasi Baby Bouncer

Berikut ini beberapa baby bouncer terbaik yang recommended untuk si kecil yang dapat moms jadi referensi ketika memilih baby bouncer.

Nuna Leaf Curv Dusk 2019
Baby bouncer ini merupakan spesial edition di tahun 2019 lho! Adapun baby bouncer ini dapat digunakan oleh bayi yang baru lahir sampai berat maksimal 60kg. Ukuran baby bouncer ini tinggi 45cm x lebar 71cm x 72cm Mendalam. Terbuat dari bahan katun organik yang lembut dan ringan. Baby bouncer ini tidak memakai baterai, kabel, dan tidak bersuara namun dapat bergerak secara langsung tanpa bantuan orang lain selama lebih dari 2 menit. Harga baby bouncer ini dibandrol sekitar Rp. 3.200.000 ya.

Rekomendasi Baby Bouncer
source: https://www.jd.id

Bright Starts Bouncer - Safari Smiles

Bouncer ini dapat digunakan dari usia 3 bulan sampai berat 11kg. Pada bouncer ini terdapat bantal tambahan yang dapat dilepas untuk menopang kepala bayi. Adapun bouncer ini memberikan getaran yang menenangkan untuk membantu si kecil rileks dengan 15 menit auto shut-off. Selain itu juga terdapat 7 pilihan lagu untuk merangsang motorik pendengaran si kecil. Tak hanya itu juga terdapat pernak-pernik mainan agar si kecil tidak merasa bosan dan tiga titik pengaman. Harga baby bouncer ini sekitar Rp. 650.000 ya.

Bright Starts Bouncer - Safari Smiles
source: https://www.jd.id

Sugar Baby Premium Healty Bouncer 3 Recline - A Great Beach Day

Bouncer ini terdapat tiga posisi berbaring yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Bouncer ini dilengkapi dengan mainan gantungan yang terbuat dari bahan bebas BPA dan dilengkapi dengan keamanan strandard Eropa. Adapun daya maksimum 11kg. Harga baby boucer ini dibandrol dengan sekitar Rp. 325.000 saja.

Sugar Baby Premium Healty Bouncer 3 Recline - A Great Beach Day
source: https://www.jd.id

Moms adanya baby bouncer dalam kehidupan memang dinilai membuat kita jadi praktis namun meski praktis moms juga perlu memberikan pengawasan yang lebih pada si kecil ya, karena usia bayi yang terlalu muda memiliki keterbatasan gerak secara fisik. Nah, demi keamanan si kecil moms perlu memilih baby bouncer yang aman. Semoga bermanfaat moms!