Daun Salam Untuk Asam Urat

Daun salam merupakan bahan dapur yang mudah ditemukan. Daun ini termasuk rempah yang mudah cara penanamannya. Syzygium polyanthum begitulah nama latinnya, tanaman yang berukuran sedang dan bisa mencapai tinggi 30 meter. Daunnya pun berwarna hijau dengan aroma khas. Maka dari itu sering digunakan untuk penyedap alami dalam masakan, moms.

Daun Salam Untuk Asam Urat

Manfaat lain dari daun salam adalah untuk menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya asam urat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk mengobati penyakit. Caranya pun juga sangat mudah lho moms. Yaitu: ambil 25 daun salam. Kemudian bersihkan dengan air bersih. Selanjutnya panaskan air sebanyak 500 ml air, masukkan daun salam dan tunggu sampai airnya menyusut hingga separuh. Minum ramuan ini selagi hangat 2 kali dalam sehari dan rasakan manfaatnya.

Daun Salam Untuk Kolesterol

Daun salam sangat berpengaruh bagi penderita kolesterol. Jika moms mengonsumsi air rebusan daun salam dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) hingga 29 persen dalam tubuh. Tak hanya itu, tingginya kadar vitamin C, vitamin A, zat besi, kalsium, magnesium, asam caffeic, eugenol, katekin, dan quercetin juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Daun Salam Untuk Kolesterol

Caranya juga mudah, siapkan 10-15 lembar daun salam, kemudian bersihkan. Selanjutnya rebus 3 gelas air dan masukkan daun salam hingga mendidih dan sampai menyisakan segelas air. Selanjutnya konsumsi segelas air salam ini setiap malam menjelang tidur.

baca juga

Daun Salam Untuk Hipertensi

Manfaat lain dari daun salam adalah sebagai obat untuk hipertensi. Hal ini disebabkan karena  daun Salam mengandung minyak asiri (sitral, eugenol), tanin dan flavonoida, yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cara membuatnya pun sama dengan pengobatan untuk kolesterol. 

Daun Salam Untuk Hipertensi

Daun Salam Untuk Diabetes

Selain manfaat di atas, ternyata daun salam juga berkhasiat untuk mengobati diabetes lho. Diabetes merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kadar gula yang tinggi, salah satu cara mengobatinya yaitu kurangnya insulin dalam darah. Nah, kandungan antioksida pada daun salam dapat membantu tubuh untuk memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Gula darah tinggi adalah jika kadar gula darah pada saat puasa lebih dari 126 mg/dl dan pada saat tidak cepat lebih dari 200 mg/dl.

Daun Salam Untuk Diabetes

Daun salam yang bermanfaat untuk mengatur gula darah bisa dicampurkan dengan masakan. Karena daun salam dapat mempengaruhi insulin. Jadi tak perlu repot untuk menetralkan gula darah ya moms.

baca juga

Daun Salam Untuk Asam Lambung

Penyakit maag merupakan suatu radang yang terjadi pada dinding rongga lambung. Lambung terletak di perut atas, sehingga gejala penyakit ini ialah nyeri yang seperti menusuk atau mambakar di daerah ulu hati.

Daun Salam Untuk Asam Lambung

Nah, jika terasa terganggu, coba buat ramuan ini: 

  • Daun salam segar sebanyak 15-20 lembar dicuci bersih.
  • Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit.
  • Tambahkan gula secukupnya.
  • Setelah dingin, minum airnya sebagai teh.
  • Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh dilambung hilang.