Payudara Jadi Lembut

Salah satu ciri pertama kamu merasakan sakit di payudara dan payudara terasa empuk. Ukuran dan beratnya juga meningkat. Bahkan mungkin kamu melihat area di sekitar puting susu kamu menjadi lebih besar dan lebih gelap.

Sebagian besar gejala awal kehamilan termasuk payudara lembut, disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron. Alasan lain mengapa payudara kamu membengkak karena tubuh kamu menyimpan lebih banyak air selama kehamilan, yang bisa membuat kamu merasa kembung juga.

Payudara Jadi Lembut
source: http://www.bintang.com


 

baca juga

Sering Kelelahan

Wanita yang jarang atau belum pernah tidur siang sebelumnya namun saat trimester pertama tiba-tiba mulai tidur siang bahkan lebih sering. Ini disebabkan progesteron ekstra yang membuat kamu merasa lelah meskipun tidak banyak beraktivitas.

Sering Kelelahan
source: http://penyebabhivaids.com/


 

Perubahan Mood

Perubahan hormon mempengaruhi emosi kamu saat hamil muda. Hal ini terjadi juga pada kebanyakan perempuan ketika PMS. Tapi begitu tahu kamu hamil, kamu mungkin akan merasa khawatir bagaimana kamu menjadi orang tua. Bahkan setelah direncanakan pun seseorang tetap saja mengalami ketakutan. Kelelahan dan kelaparan bisa membuat perubahan mood menjadi lebih buruk. Jadi coba cari waktu untuk beristirahat dan makan camilan kecil sepanjang hari.

Perubahan Mood
source: https://www.balihealthdigest.com


 

baca juga

Sering Pusing

Beberapa wanita sering pusing saat hamil muda. Bahkan ada juga yang tiba-tiba pingsan ini dipengaruhi oleh perubahan hormon, atau mungkin tekanan darah rendah. Saat kamu mengalami kejadian ini maka segera konsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan kamu, di sana dokter akan memberikan saran baik untuk kamu dan janin.

Sering Pusing
source: https://muyfitness.com


 

Mual dan Muntah

Gejala paling umum dialami wanita saat hamil muda yakni merasa mual (Morning Sickness) bahkan muntah. Ini akan berlangsung selama trimester pertama dan akan kembali normal saat memasuki trimester kedua. Makanan kecil dan kaya protein dapat membantu mengendalikan perut kamu yang kurang nyaman, dan pastikan kamu selalu terhidrasi dengan minum setidaknya 10 gelas air putih.

Mual dan Muntah
source: http://life-another.ru


 

Buang Air Kecil

Ginjal harus mengolah lebih banyak air kencing selama kehamilan. Ditambah lagi rahim kamu semakin besar memberi tekanan pada kandung kemih. Nah, seiring bertambah besarnya perut maka semakin sering pula kamu ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Buang Air Kecil
source: http://tandacirikehamilan.blogspot.com


 

Jijik dengan Makanan Tertentu

Ketika hamil muda mungkin kamu tidak tahan bau apalagi rasa makanan tertentu? Salah satu ciri-ciri wanita hamil ialah sesitifitas penciumannya lebih tinggi. Rasa dan bau tertentu bisa merubah mood kamu yang tadinya baik-baik saja kemudian merasa sering mual.

Jijik dengan Makanan Tertentu
source: http://ryanaircustomerservice.blogspot.co.id


 

Flek dan Kram

Gejala lain saat hamil muda ialah kamu mungkin akan merasa kram bagian bawah perut atau keluar bercak darah dari vagina bukan di masa menstruasi. Nah ini mungkin merupakan tanda bahwa sel telur yang telah dibuahi menempel di rahim. Dan kamu akan menjadi ibu.

Flek dan Kram
source: http://www.tandacirioranghamil.com