Tanda Gejala Tipes

Tipes memiliki gejala yang umum, antara lain demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, munculnya bintik-bintik merah pada kulit, diare, sakit perut, lemah lesu,bahkan sampai muntah. Gejala yang dialami anak kecil dan orang dewasa sama, sehingga Moms kalau menemukan gejala seperti ini wajib langsung membawa si kecil ke dokter agar ditanganin. Telatnya penanganan akan membuat penyakit tipes menjadi lebih parah dan berhujung pada komplikasi.
Tanda Gejala Tipes

Makanan Penyebab Tipes

Banyak hal yang dapat menyebabkan tipes, salah satunya makanan yang dikonsumsi. Makanan yang mampu menyebabkan penyakit tipes antara lain, jajanan pinggir jalan, gorengan, makanan dan minuman yang tidak bersih. Bukan makanannya yang secara langsung memberikan penyakit tipes, namun bakteri yang menempel pada makanan dan dikonsumsi.

Tak hanya dijalanan Moms, Moms wajib memperhatikan kebersihan masakan di rumah. Pasalnya, bukan hanya jajan sembarangan saja yang dapat menyebabkan tipes, makanan apa saja kalau tidak dicuci dengan bersih atau tempat penyimpanannya kotor dapat menimbulkan bakteri pada makanan tersebut dan berhujung pada penyakit tipes.

Makanan Penyebab Tipes
baca juga

Makanan untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh

Penderita tipes yang ingin cepat sembuh harus memilih makanan yang memiliki protein yang tinggi dan berserat halus. Diantaranya adalah bubur, kentang tumbuk, pudding, ikan, telur, pisang, dada ayam, alpukat, buncis, bayam, air kelapa, dan madu. Makanan lain pun bisa asalkan memiliki serat yang halus agar mudah dikunyah dan tidak terlalu sulit diolah. Selain itu, banyak minum air putih juga dapat mempercepat penyakit tipes untuk sembuh. Setelah sembuh, Moms harus memastikan si kecil mendapatkan asupan gizi yang tepat.

Makanan untuk Penderita Tipes Agar Cepat Sembuh