Kandungan Nutrisi dan Harga Ikan Dori
 
Tidak hanya sebagai menu masakan rumahan, bukan hal asing lagi jika di beberapa restoran ikan dori telah dijadikan sebagai salah satu menu sajian istimewanya. Tak heran, karena selain lezat ikan dori memang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Jenis ikan yang sekarang dengan mudahnya Moms temukan di swalayan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, omega 3, DHA, EPA yang sangat bermanfaat bagi bayi, juga bebas karbohidrat dan gula.

Protein sangat penting dan diperlukan di dalam tubuh untuk perbaikan dan pembentukan sel-sel dan sistem kekebalan tubuh sampai dengan meningkatkan massa otot. Protein juga penting untuk pembentukan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh manusia. Selain itu, terdapat vitamin dan mineral yang tinggi dalam ikan dori, seperti vitamin D, vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, zat besi, natrium, asam folat, zink, tembaga (copper), selenium dan mangan.

Harga ikan dori di pasaran berkisar Rp50.000 s/d Rp70.000 per kilogramnya. Harga tersebut bergantung pada daerah dan tempat membeli serta kualitas ikan dori. Memang harga yang cukup lumayan untuk harga ikan per kilonya, namun dengan rasa yang lezat dan manfaat yang banyak sih sebanding kok, Moms.

Moms, Cari Tahu Yuk Manfaat Ikan Dori dan Resepnya untuk Si Kecil!

Manfaat Ikan Dori untuk Bayi dan MPASI

Selain memasukkan ayam atau daging ke dalam menu makanan sehat Si Kecil, coba deh Moms kenalkan juga ikan yang tinggi protein dan bagus untuk asupan gizi anak ke dalam daftar menu makanan sehari-hari. Pada dasarnya hampir semua jenis ikan bagus dan bermanfaat untuk dijadikan makanan bayi atau MPASI, termasuk ikan dori.

Mengandung asam lemak omega 3, DHA dan EPA yang baik untuk kesehatan jantung serta diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel otak dan kecerdasan bayi, yodium, zat besi, vitamin dan mineral serta protein yang tinggi, daging ikan dori yang lembut, kenyal dan rendah kalori serta lemak ini cocok untuk dijadikan pilihan MPASI bayi dengan olahan ikan, Moms.

Untuk bayi yang masih akan jauh berkembang, asupan nutrisi seimbang dari makanan juga sangat mendukung, Moms. Kombinasikan juga ikan dori dengan sayur-sayuran agar nutrisi MPASI menjadi semakin lengkap seperti resep ikan dori yang bisa Moms coba berikut ini.

Moms, Cari Tahu Yuk Manfaat Ikan Dori dan Resepnya untuk Si Kecil!
baca juga

Resep Ikan Dori untuk Bayi 1 Tahun

1. Simple Dori Fish Steak MPASI

Bahan-Bahan:

  • 125 gr ikan dori fillet
  • 2 buah wortel yang dipotong memanjang seukuran jari
  • 1 buah kentang yang dipotong memanjang seukuran jari
  • 1 ruas jahe yang sudah digeprek
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Sedikit garam dan lada
  • Jeruk nipis atau lemon

Cara Membuat:

  1. Beri perasan jeruk nipis atau lemon pada daging ikan dori fillet. Diamkan sebentar agar bau amis hilang, kemudian cuci bersih ikan dengan air.
  2. Marinasi atau rendam daging ikan dengan jahe, saus tiram, kecap, garam dan lada, lalu diamkan hingga meresap minimal selama 15 menit.
  3. Sambil menunggu ikan di marinasi, kukus wortel dan kentang yang sudah dipotong-potong. Sebentar saja, jangan sampai terlalu lama atau overcook untuk mempertahankan tekstur dan menjaga kandungan nutrisi pada sayur. Jika sudah matang dan sedikit empuk, sisihkan.
  4. Panaskan panggangan di atas api kecil dan olesi dengan mentega atau margarin, lalu masukkan ikan dori untuk dipanggang. Bolak-balik daging ikan agar matangnya merata kecoklatan dan tidak mudah gosong.
  5. Jika sudah matang, angkat steak ikan dori dan tata bersama kentang dan wortel.
  6. Sajikan Simple Dori Fish Steak untuk Si Kecil.
Moms, Cari Tahu Yuk Manfaat Ikan Dori dan Resepnya untuk Si Kecil!