1. Menelungkupkan dan Menepuk Punggung Bayi

Cara pertama ini harus dilakukan sebelum bayi disusui agar tidak tersedak dan muntah. Moms harus menelungkupkan tubuh bayi dan menepuk-nepuk punggungnya perlahan. Tepuklah punggung bergantian, kanan dan kiri, secara perlahan. Lalu miringkan tubuh bayi ke kanan dan kiri bergantian.

Dengan cara ini, si kecil akan memuntahkan riak yang mengganggu pernapasannya. Namun, jika si kecil tidak memuntahkannya, kemungkinan riak sudah lebih encer sehingga akan terbuang melalui BAB si kecil.

1. Menelungkupkan dan Menepuk Punggung Bayi
source: https://raisingchildren.net.au/

2. Menggunakan Daun Sirih Hangat

Khasiat daun sirih untuk kesehatan yang populer adalah membantu mengatasi sakit perut, mengurangi kemerahan serta iritasi akibat ruam, serta untuk masalah kewanitaan. Ternyata, daun sirih juga ampuh untuk membantu mengeluarkan dahak pada bayi.

Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan daun sirih adalah memanaskan beberapa lembar daun sirih dengan cara mengukusnya. Kemudian, tempelkan daun sirih hangat tersebut ke dada dan punggung si kecil selama beberapa menit. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Nah, itu tadi khasiat daun sirih untuk bayi.

2. Menggunakan Daun Sirih Hangat
source: https://news.bbmessaging.com/
baca juga

3. Menghangatkan Tubuh Bayi

Si kecil akan mudah mengeluarkan dahak jika tubuhnya hangat. Maka dari itu, Moms harus menghangatkan tubuh si kecil. Pada poin sebelumnya telah dijelaskan khasiat daun sirih hangat untuk mengencerkan dahak. Selain itu, Moms juga bisa menghangatkan tubuh si kecil dengan memandikannya menggunakan air hangat. Itu akan memudahkan si kecil mengeluarkan dahak yang mengganggu.

3. Menghangatkan Tubuh Bayi
source: https://momtricks.com/

4. Memperbanyak Konsumsi Cairan

Moms perlu tahu bahwa tubuh yang terdehidrasi dengan baik akan sangat membantu dalam mengeluarkan dahak. Dahak akan menjadi lebih encer dari sebelumnya dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Untuk mengatasi masalah dahak pada bayi, Moms harus memberikan lebih banyak ASI untuk si kecil. Dengan begitu, dahak si kecil akan terbuang dan pernapasannya kembali lega.

4. Memperbanyak Konsumsi Cairan
source: https://smartparents.sg/
baca juga

5. Menggunakan Uap

Metode uap dapat membantu masalah dahak pada bayi. Moms bisa melakukan terapi uap (nebulisasi) di rumah sakit atau melakukannya sendiri di rumah. Cara melakukannya sendiri di rumah mudah saja.

Pertama, Moms perlu menyiapkan air hangat di dalam baskom. Kemudian Moms boleh menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon ke dalamnya. Dekatkan si kecil pada baskom sehingga si kecil bisa menghirup uapnya. Namun, Moms perlu berhati-hati agar si kecil tidak bisa menggapai baskom.

5. Menggunakan Uap
source: https://img.wonderhowto.com/