Apakah Cara Membuat Oralit untuk Anak Berbeda-beda Bagi Tiap Usia?

Anak diare? Moms harus segera beri pertolongan pertama agar anak tak mengalami dehidrasi. Memberikan oralit adalah cara yang mujarab atasi diare anak agar frekuensinya berkurang hingga akhirnya berhenti. Namun pertanyaannya, berbedakah cara membuat oralit untuk anak pada usia-usia yang berbeda?

Jawabannya adalah ya. Moms mesti memberikan dosis oralit sesuai usia dan berat badan anak agar penanganan diare dengan oralit berjalan efektif tanpa menimbulkan efek samping. Nah seperti apa sih, cara membuat oralit untuk anak yang benar?
​​​
Apakah Cara Membuat Oralit untuk Anak Berbeda-beda Bagi Tiap Usia?

Secara umum, perbandingan dosis oralit sachet yang benar adalah 1:200ml. Artinya, 1 bungkus oralit sachet harus dilarutkan ke dalam 200ml air matang bersih.

Anak Usia 1 Tahun
Anak pada usia 1 tahun rentan memasukkan segala hal atau makanan ke mulut yang disebut dengan fase oral. Karenanya, di usia 1 tahun anak rentan terkena diare dan dapat beresiko dehidrasi jika tidak segera ditangani. Memberikan pertolongan pertama dengan oralit adalah cara menyembuhkan diare yang aman dan cepat. Bagaimanakah cara membuat oralit untuk anak 1 tahun yang benar?

Cara membuat oralit untuk anak 1 tahun yang benar adalah menggunakan dosis 500ml yang diminumkan secara berkala selama 24 jam sejak diare pertama. Seduh 2,5 bungkus oralit bungkusan dengan air hangat 500ml dan minumkan pada anak secara kontinyu sebanyak 50-100ml/sekali minum.

Apakah Cara Membuat Oralit untuk Anak Berbeda-beda Bagi Tiap Usia?
baca juga

Anak Usia 4 Tahun
Untuk anak usia 4 tahun, cara membuat oralit yang benar adalah dengan melebihkan dosis oralit bungkus ke dalam takaran air. Cara membuat oralit untuk anak usia 4 tahun adalah dengan melarutkan 5 bungkus oralit sachet ke dalam 1 liter air dan meminumkannya selama 24 jam secara kontinyu pada anak sebanyak 100-200ml/sekali minum.

Apakah Cara Membuat Oralit untuk Anak Berbeda-beda Bagi Tiap Usia?

Anak di Atas 5 Tahun
Untuk anak di atas 5 tahun, dosis oralit yang digunakan lebih besar dari anak usia 4 tahun. Cara membuat oralit untuk anak di atas 5 tahun adalah dengan melarutkan 7-8 bungkus oralit ke dalam 1,5 liter. Berikan secara kontinyu pada anak sebanyak 200-300ml/sekali minum.  Jika larutan habis sebelum 24 jam, Moms boleh menambahkan 2-3bungkus oralit lagi ke dalam air sebanyak 500-600ml.

Apakah Cara Membuat Oralit untuk Anak Berbeda-beda Bagi Tiap Usia?

Nah itulah beberapa cara membuat oralit untuk anak dan dosis oralit untuk anak sesuai usia. Tapi ingat Moms, oralit adalah pertolongan pertama. Jika setelah 24 jam diare tidak mengalami kemajuan signifikan, segera bawa si kecil ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut ya, Moms!