Yuk Moms, Mengenal Manfaat Lobak Putih untuk Kolesterol Berikut Ini!

Menurunkan kolesterol tentu bukan perkara mudah ya, Moms. Berbagai usaha seperti mengubah pola hidup dan makan, mengonsumsi obat juga olahraga adalah cara yang biasa dilakukan untuk usir kolesterol. 

Namun ternyata sayur lobak putih manfaatnya cukup besar lho, Moms, untuk turunkan kolesterol. Dengan kandungan vitamin B,C, potassium, folat, serat, serta kandungan air dan mineral yang tinggi, lobak putih mampu menurunkan kolesterol tinggi dengan beberapa fungsi berikut ini. Apa saja sih, fungsi-fungsinya?

Yuk Moms, Mengenal Manfaat Lobak Putih untuk Kolesterol Berikut Ini!
Menurunkan Kadar Trigliserida dalam Darah
Kandungan-kandungan yang dimiliki lobak putih bekerja menurunkan kadar trigliserida dalam darah secara optimal. Dengan mengonsumsi jus lobak putih dan nanas untuk kolesterol secara rutin, niscaya kadar trigliserida dalam darah Moms akan menurun.

Berfungsi Mengikat Lipoprotein
Kandungan serar, air dan mineral yang tinggi pada sayur lobak putih ternyata dapat berfungsi untuk mengikat lipoprotein dalam tubuh. Dengan terikatnya lipoprotein kepadatan rendah, kadar kolesterol Moms akan turun secara bertahap dengan konsumsi rutin sayuran lobak putih.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kesehatan jantung adalah hal yang sangat berkait dengan kolesterol tinggi. Dengan kandungan seratnya, manfaat lobak putih untuk kolesterol adalah dengan menyerap kolesterol dalam darah untuk dibuang. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan jantung secara langsung sebab jantung tidak harus memompa darah yang mengandung kolesterol jahat.

Mengontrol Nafsu Makan
Salah satu biang penyebab kolesterol adalah pola makan yang buruk dan makan berlebihan. Manfaat lobak putih untuk kolesterol berikutnya adalah kemampuan lobak putih mengontrol nafsu makan sebab seratnya yang tinggi akan membuat Moms cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Hal ini tentu akan membuat kadar kolesterol dapat menurun dan terjaga dengan baik.
​​​​​​

Resep Sayur Lobak Putih Nanas untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Setelah mengetahui manfaat lobak putih dan nanas untuk kolesterol, kini saatnya Moms belajar resep sayur lobak putih dan nanas yang dapat dipraktekkan di rumah untuk usir kolesterol jahat dalam darah. Tak hanya dalam bentuk jus, aneka resep sayur lobak putih untuk kolesterol berikut ini akan menjadi hidangan menarik yang sehat bagi keluarga. Seperti apa resepnya? Simak yuk!

Resep Sayur Lobak Putih Nanas untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Resep Salad Lobak Putih Nanas Enak dan Sehat

Bahan:
- 1 buah lobak putih, kupas dan cuci bersih, potong kecil-kecil
- 1/2 buah nanas, rendam di air garam, potong-potong dadu
- 1 buah kubis kecil, cuci bersih dan potong-potong memanjang
- 1 buah wortel, kupas, cuci bersih dan potong memanjang
- 1 cup plain yoghurt untuk dressing
- Lemon
- Kismis jika suka

Cara Membuat:
1. Campurkan semua bahan yang telah siap ke dalam wadah
2. Beri perasan lemon, campurkan secara merata
3. Tuang 1 cup yoghurt sebagai dressing ke dalam wadah berisi bahan-bahan
4. Aduk hingga yoghurt merata ke seluruh bahan
5. Taburi kismis yang telah direndam sir hangat jika suka
6. Salad lobak putih nanas siap dihidangkan

Resep Jus Lobak Putih Nanas untuk Kolesterol

Bahan:
- Sayur lobak putih
- Nanas
- Air secukupnya

Cara Membuat:
1. Kupas lobak putih dan nanas, cuci bersih dan potong-potong agar mudah diblender
2. Masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit air
3. Blender hingga halus dan tercampur merata
4. Jus lobak putih nanas siap dinikmati

baca juga

Gimana Moms? Mudah kan aneka resep sayur lobak putih di atas? Setelah mengetahui aneka manfaat lobak putih untuk kolesterol, juga manfaat lobak putih dan nanas untuk kolesterol, jangan lupa untuk terus jaga kesehatan ya, Moms!

Berolahraga teratur, hindari makanan berlemak dan gorengan adalah cara untuk menurunkan kolesterol yang harus dipatuhi agar kita selalu sehat.

Semoga berhasil, Moms!

Resep Sayur Lobak Putih Nanas untuk Atasi Kolesterol Tinggi