Kegiatan berenang kini sudah umum dilakukan bayi dan anak-anak. Namun, kadang kesibukan kita sebagai orangtua tak setiap saat mengajak buah hati ke kolam renang umum ataupun waterpark. Ingin membuat kolam renang beton di rumah namun terkendala lahan yang sempit dan kerepotan dalam hal membersihkan dan menguras kolam renang tersebut. Untuk alasan itulah, Moms bisa menggunakan kolam renang portable untuk si kecil. Apa saja jenis kolam renang yang bisa digunakan si kecil di rumah ini?

Kolam renang untuk bayi

Rasakan Sensasi Bermain Air dengan Ragam Pilihan Kolam Renang Anak ini Moms!
source: https://www.sbs.com.au/topics/life/article/2017/03/27/cuteness-overload-perth-baby-spa

Sejak lahir bayi sudah boleh diperkenalkan berenang. Namun, Moms harus mengetahui bahwa waktu terbaik yang bisa Moms gunakan untuk mengajak si kecil berenang adalah ketika usianya menginjak 6 bulan ke atas.

Pada usia tersebut, bayi sudah bisa berinteraksi dengan hal-hal di sekelilingnya dan sudah bisa menunjukkan keceriaannya saat bermain air di kolam renang bayi. Karena banyak manfaat yang didapat si kecil dari olahraga air yang satu ini, diantaranya:

  1. Melatih motorik bayi
  2. Memperkuat jantung dan paru-paru
  3. Meningkatkan nafsu makan bayi
  4. Menguatkan ikatan (bonding) bayi dan keluarga
  5. Memperbaiki pola tidur
  6. Meningkatkan rasa percaya diri

Namun, untuk mengajak bayi berenang perlu diperhatikan kondisi si kecil harus dalam keadaan sehat. Selain itu, pemilihan kolam renang yang cocok juga menjadi salah satu faktor penting dalam kegiatan berenang bayi. Kolam renang untuk bayi sendiri bukan seperti kolam renang yang cukup besar seperti kolam renang pada umumnya. 

Pilihan kolam renang plastik dengan tinggi 1 meter dengan diameter yang tidak terlalu besar bisa jadi pilihan Moms. Kolam renang yang banyak digunakan di tempat-tempat baby spa ini memudahkan si kecil bebas bergerak dan melatih daya motoriknya. Moms bisa menambahkan air hangat untuk mengisi kolam tersebut agar si kecil  tidak kedinginan selama berenang. Tak lupa untuk menggunakan neckring yang sesuai dengan ukuran leher si kecil.

Rasakan Sensasi Bermain Air dengan Ragam Pilihan Kolam Renang Anak ini Moms!
source: https://m.tokopedia.com/starbabyshop/baby-spa-sugar-baby-premium-baby-swimming-pool-kolam-spa-bayi?src=featured_product&featuredpos=5_5

Sebelum mengisi air, pastikan bagian dalam kolam renang plastik bersih dari kotoran. Untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit, mandikan si kecil dengan sabun dan air yang bersih sebelum dan sesudah berenang di kolam renang plastik. Setelah pemakaian, bersihkan kolam renang plastik dan biarkan mengering. Jika sudah mengering dengan sempurna, jemur di bawah sinar matahari setidaknya selamanya 4 jam.

baca juga

Kolam renang plastik untuk anak
Jika Moms ingin menghadirkan kolam renang sendiri di rumah tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, Moms bisa membeli kolam renang plastik ini untuk si kecil.

Rasakan Sensasi Bermain Air dengan Ragam Pilihan Kolam Renang Anak ini Moms!
source: http://m.elevenia.co.id/prd-kolam-anak-play-pool-pelangi-4-ring-bestway-size-157x46cm-23387395

Kolam renang berbahan dasar plastik ini cukup kokoh untuk menampung 1-3 orang anak untuk bermain air, disesuaikan dengan besar kolam. Jadi si kecil bisa mengajak serta teman atau saudaranya untuk bermain air. Kolam yang penggunaannya dipompa ini juga cukup praktis karena ketika sedang tidak digunakan bisa dilipat dan disimpan.

Kolam renang karet untuk anak
Kolam renang yang berbahan dasar karet ini lebih kokoh dan tahan bocor dibanding kolam renang plastik. Soal harga memang lebih mahal dari kolam renang berbahan dasar plastik. Namun jika dilihat dari jangka waktu penggunaan, kolam renang karet ini lebih awet atau tahan lama dibanding kolam renang plastik dan kapasitasnya pun rata-rata lebih besar dari kolam renang plastik. 

Rasakan Sensasi Bermain Air dengan Ragam Pilihan Kolam Renang Anak ini Moms!
source: https://m.aliexpress.com/item/32707482735.html?trace=wwwdetail2mobilesitedetail&productId=32707482735&productSubject=Basketball-Entertainment-Pool-inflatable-pool-swimming-pool-54122-Bestway-children-s-pool-of-high-quality-254

Kolam renang karet ini ada beragam jenis, ada yang penggunaannya jarus dipompa seperti kolam renang plastik, ada juga yang pinggirannya berbahan dasar terpal, jadi Moms tak perlu repot-repot memompanya. Cukup langsung mengisinya dengan air.

baca juga

Kolam renang anak dengan perosotan

Rasakan Sensasi Bermain Air dengan Ragam Pilihan Kolam Renang Anak ini Moms!
source: https://www.indoorplayground.me/jual-perosotan/amp/

Jika Moms ingin menghadirkan sensasi bermain air di rumah ala waterpark, Kolam renang anak dengan perosotan ini bisa jadi pilihan Moms. Kolam renang yang unik ini kini sudah banyak dijual online di marketplace ataupun offline di toko-toko mainan anak. Kolam renang yang penggunaannya dipompa ini tentunya akan menambah keceriaan si kecil dalam bermain air. Ketika si kecil menaiki perosotan lalu meluncur yang langsung beralaskan air pasti sangat seru ya Moms.

Nah, jadi Moms sekarang sudah tentukan kolam renang mana yang akan dipilih si kecil untuk bermain air di rumah?