Anak kecil umumnya sangat menyukai permainan, terlebih untuk anak yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Permainan anak TK pun juga diterapkan oleh guru-gurunya agar anak tidak merasa jenuh, keaktifan anak juga akan terus berkembang. Permainan anak TK juga beragam bentuknya, ada yang mengajarkan kekreativan maupun bersosial. Berikut permainan anak TK yang kreatif dan mendidik yang bisa ditiru moms atau guru-guru TK.

Menyusun Balok dan Puzzle

Jika ingin anak aktif walau hanya di dalam rumah, bisa lakukan bersama anak permainan menyusun balok dan puzzle. Permainan anak ini termasuk ke dalam permainan anak TK indoor, tanpa harus dilakukan keluar kelas atau rumah. Selain itu permainan ini akan melatih ketangkasan daya berpikir anak serta bersosialisasi dengan temannya yang lain karena permainan menyusun balok dan puzzle pun bisa dilakukan sendiri maupun kelompok.

Menyusun Balok dan Puzzle
baca juga

Mewarnai

Mewarnai memang merupakan hal yang menyenangkan baik bagi orang dewasa, apalagi anak-anak. Permainan anak TK yang satu ini juga akan mengenalkan anak pada jenis-jenis warna yang beragam. Ketika anak mewarnai, biarkan dia berekspresi seperti bebas ingin memberikan warna apa, tidak harus sesuai dengan warna asli dari objek. Misal ada gambar pelangi, biarkan anak memberi warna apa saja tidak harus merah, kuning, hijau, dan lain-lain.

Mewarnai

Tepuk Tangan Bersama

Tepuk tangan bersama menjadi permainan anak di dalam kelas yang sederhana. Anak akan belajar mengatur kecepatan tangannya dan belajar tentang kerja sama tim. Sistem motorik anak dan kefokusannya akan terasah. Guru harus menyebutkan rangkaian kata, dan pada kata-kata tertentu anak harus sigap menepuk tangannya.  

Tepuk Tangan Bersama
baca juga

Mencari Teman

Permainan anak lainnya yang mengajarkan tentang berkelompok atau bersosialisasi yakni mencari teman. Karena dalam permainan mencari teman, akan terjadi banyak interaksi dengan teman-temannya. Baik untuk meningkatkan komunikasi antar teman dan kepercayaan diri anak. Permainan anak ini bisa dilakukan di dalam maupun luar kelas, lho. Ditambah lagi akan membuat anak aktif bergerak. Guru hanya memberi intruksi kepada seorang murid untuk mencari nama murid lainnya yang sudah disebutkan.  

Mencari Teman