Kandungan Nutrisi dalam Ikan Patin

Takut Makan Ikan Patin Karena Berlemak? Cari Tahu Dulu Manfaatnya untuk Ibu Hamil & Menyusui

Ikan patin dari teksturnya memang sedikit berlemak. Namun tahukah Moms kalau kandungan nutrisi ikan patin saat banyak? Faktanya, ikan patin memiliki kandungan lemak lebih rendah dibandingkan jenis ikan. Kadungan asam lemak esensial DHA adalah sekitar 4,74% dan EPA adalah sekitar 0,31%.

Jenis asam lemak omega-3 pada ikan patin hampir sama dengan kandungan ikan salmon dan tuna. Kandungan lemak dalam ikan Patin seluruhnya berkisar 2,55% - 3,42%, untuk asam lemak tak jenuhnya di atas 50%. Sedangkan asam oleatnya sebesar 8.43%.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan kandungan nutrisi, ikan Patin dalam bentuk lemak tak jenuh (USFA 50%) sangat baik untuk mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, bisa mengurangi jumlah kolesterol dalam darah terkandung sehingga mampu mencegah dan mengurangi penyakit jantung koroner, serta masih banyak lagi manfaatnya.

Manfaat Ikan Patin untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Takut Makan Ikan Patin Karena Berlemak? Cari Tahu Dulu Manfaatnya untuk Ibu Hamil & Menyusui

Asupan dengan nutrisi tinggi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Ikan patin yang kaya nutrisi bisa jadi menu harian ibu hamil. Manfaat ikan patin untuk ibu hamil salah satunya untuk mencerdaskan otak janin karena kandungan omega-3 tinggi. Selain itu kandungan DHA pada ikan patin juga berfungsi untuk menjaga pertumbuhan bayi agar tetap normal dan sehat.

Mengkonsumsi patin bisa menghidarkan resiko kelahiran dini, menangkal siklus kelahiran yang tidak wajar, pencegah hipertensi. Vitamin C yang terkandung dalam patin juga membantu kekebalan sistem imum. Moms yang rajin konsumsi ikan patin kesehatan jantungnya juga lebih terjaga serta terhindar dari kolesterol. Manfaat ikan patin lainnya terdapat pada mineralnya yang mampu menguatkan otot janin.

Sedangkan manfaat ikan patin untuk ibu menyusui yaitu membantu mengembalikan bentuk tubuh pada ibu yang menyusui tanpa harus mengikuti program diet. Sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti untuk memetabolisme tubuh.

Ikan patin juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber kalori yang membatu tubuh menjadi lebih berenergi, tidak mudah lemas dan selalu sehat walau Moms sedang dalam masa menyusui.
Kandungan nutrisi pada ikan patin juga mampu menghilangkan stres, dengan memberi rangsangan pada sistem syaraf pusat. Jadi walau saat menyusui Moms tetap berenergi, sehat dan selalu bahagia.

baca juga

Manfaat Ikan Patin untuk Bayi

Takut Makan Ikan Patin Karena Berlemak? Cari Tahu Dulu Manfaatnya untuk Ibu Hamil & Menyusui

Manfaat ikan patin untuk bayi antara lain meningkatkan pertumbuhan bayi dengan kandungan omega 3 dan juga DHA yang tinggi. Kandungan nutrisinya membuat bayi makin cerdas. Selanjutnya nutrisi ikan patin bisa membantu proses pertumbuhan tulang. Kandungan fosfor dan kalsiumnya pun dapat mencegah terjadinya osteoporosis, menguatkan tulang gigi dan menjaga kesehatan tulang.

Kandungan protein pada ikan patin juga efektif membantu menambah massa otot, mengencangkan otot, menguatkan otot, membantu pembentukan otot serta menjaga daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumai ikan patin, bayi tidak hanya akan tumbuh sehat namun juga cerdas. Makanya Moms jangan ragu konsumsi patin ya.