1. Minum Vitamin Prenatal dan Pemeriksaan Pra-Konsepsi

Mulailah mengonsumsi vitamin prenatal sebelum kamu hamil. Ini dapat membantu melindungi bayi kamu dari cacat lahir. Selai itu, berkonsultasilah dengan dokter kandungan kamu tentang rencana kamu ingiin hamil. Tanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk bersiap menghadapi kehamilan dan bayi yang sehat.

2. Latihan Sebelum dan Saat Hamil

Sebelum hamil kamu harus memastikan kondisi tubuh kamu sehat dan bugar. Nah, untuk mendapatkan kehamilan sehat maka lakukan latihan intensitas sedang dan teratur minimal 3 kali seminggu. Sebenarnya latihan fisik dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk hamil. Cobalah berjalan, bersepeda, atau berkebun. Saat hamil muda kamu bisa tetap melakukan latihan sesuai saran dokter kamu. Lakukan olahraga Low Impact seperti yoga, berenang, atau berjalan selama setengah jam hampir setiap hari.

source: http://www.solusisehatku.com


 

3. Mulai Kunjungan Prenatal

Antara minggu 4 dan 28 kehamilan, kamu harus menemui dokter kandungan sebulan sekali. Ini adalah kesempatan bagus untuk mengajukan pertanyaan dan mengikuti pertumbuhan bayi kamu lho. Nah, saat kamu mengalami keluhat saat hamil muda maka bisa segera berkonsultasi dan ditangani oleh dokter kamu. Jika kamu mengalami morning sickness yang parah, kamu mungkin memerlukan perawatan medis. Hubungi dokter jika kamu muntah hampir setiap kali kamu makan.


4. Hindari Rokok dan Alkohol

Banyak penelitian menyebutkan bahwa rokok dan alkohol merupakan faktor risiko segala penyakit terutama paru-paru. ini juga akan berdampak pada kesehatan bayi. Bayi akan berisiko menderita penyakit degeratif atau cacar lahir jika ibu pecandu rokok dan alkohol. Hindari rokok dan alkohol bahkan sebelum kamu merencanakan kehamilan.

source: http://www.foredigel.my.id


 

baca juga

5. Jaga Kebersihan

Kebersihan adalah kunci hidup sehat. Apalgi saat hamil muda, kamu harus menjaga kebersihan dengan bik. Hindari kontak langsung dengan kotoran hewan seperti kucing. Kontak dengan kotoran kucing bisa menyebabkan masalah kehamilan lho. Biarkan orang lain yang menyingkirkan kotoran kucing itu, atau kenakan sarung tangan dan cuci tangan dengan baik setelah menyingkirkan kotoran tersebut.

6. Jauhi Soft Cheese

Keju adalah salah satu makanan favorit ibu hamil, tapi kamu harus menjauhi jenis keju tertentu saat hami muda. Hindari keju yang terbuat dari susu mentah atau tidak dipasteurisasi termasuk keju yang paling lembut. Karena jenis keju ini mungkin membawa organisme yang bisa membahayakan bayi kamu.

source: https://culturecheesemag.com


 

7. Jaga Suhu Tubuh Tetap Normal dan Latihan

Sebuah suhu tubuh yang tinggi dapat membahayakan bayi kamu, terutama pada minggu-minggu pertama kehamilan kamu. Batasi sauna dan mandi air panas kurang dari 10 menit. Mandi dengan air panas terlalu lama akan membuat kulit kamu kering dan bersisik.

8. Makan Cukup Kalori

Haruskah kamu makan untuk dua orang saat hamil muda? Jawabannya tidak. Kamu tidak perlu makan dua porsi dalam sekali makan karena ibu hamil hanya membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra sehari untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Yang terpenting diet sehat dan seimbang denggan makan makanan bernutrisi tinggi mengandung vitamin dan mineral.

source: http://garut.co


 

baca juga

9. Istirahat yang Cukup

Saat hamil mudah kamu akan merasa cepat lelah. Hal ini karena perubahan hormon. Saat merasa lelah dan ingin istirahat maka beristirahatlah. Sisihkan waktu untuk tidur siang dan tidur lebih awal saat mala hari. Tidur yang teratur akan membantu mengatsi masalah gangguan tidur atau insomnia. Cobalah tidur siang 30-60 menit saat kamu kurang tidur malam hari, tapi jangan tidur terlalu dekat dengan waktu tidur.

10. Pilih Sesuatu yang Nyaman

Pakaian ketat bisa menyebabkan sakit punggung, bengkak, varises, dan sakit maag. Dan pakaian ketat juga akan membuat ibu hamil tidak nyaman. Maka sebaiknya kamu pakai pakaian yang longgar dan nyaman di tubuh agar bay kamu bisa tumbuh dengan baik. Kemudian kamu juga tetap harus menjaga kelelbaban kulit kamu. Gunakan pelembab untuk meredakan gatal dan menjaga kulit tetap lembut. Tapi hindari produk yang mengklaim mengurangis tretch mark bisa saja mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kehamilan.

source: https://jadisehat.com